Pakar Kegempaan, Prof Danny Hilman Memastikan Pusat Gempa Bukan di Sesar Cimandiri, Ini Penjelasannya

- Senin, 21 November 2022 | 18:18 WIB
Prof Danny Hilman Natawidjaja
Prof Danny Hilman Natawidjaja

CIANJUR, suaramerdeka-wawasan.com – Gempa tektonik yang mengguncang Cianjur dengan kekuatan magnitudo 5,6 SR disinyalir tidak di sesar Cimandiri seperti yang diperkirakan banyak pihak.

Sinyalemen ini disampaikan oleh pakar kegempaan Indonesia, Prof Dr Danny Hilman Natawidjaja, MSc saat dimintai keterangan oleh Breaking News TVOne.

‘’Kalau melihat jalurnya, tidak di Sesar Cimandiri. Ini jalur baru yang belum kita petakan,’’ kata Danny, sambil menambahkan bahwa diperkirakan masih sekitar 10 km dari sesar Cimandiri.

Baca Juga: Penyebab Gempa Cianjur Berpotensi Merusak, Meski Magnitudo-nya Tidak Besar

Dijelaskan, pusat gempa Cianjur ini, berada di posisi ke seletan Sesar Cimandiri, dan Barat ada sesar Padalarang.

‘’Jadi kalau melihat posisi ppusat gempanya, jalurnya di Selatan ada Sesar Cimandiri, dan di Barat ada Sesar Padalarang. Tapi bukan sesar Cimandiri,’’ kata Danny lagi.

Hal ini juga diakui oleh pihak BMKG dimana, pihak BMKG masih memperkirakan sekitar patahan Cimandiri dan Padalarang. Hanya pihak BMKG belum bisa memastikan.

Namun Danny menegaskan, siapapun tak bisa memprediksi akan terjadinya gempa di dunia.

Hanya ia berharap segera kembali dilakukan pemetaan daerah rawan gempa, untuk memberikan kewaspadaan masyarakat yang daerahnya rentan gempa.

Hal ini juga senada dengan yang disampaikan oleh Kepala BNPB, Letjen Suharyanto, bahwa siapapun tidak bisa memprediksikan terjadinya gempa.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X