Gempa 5,6 SR Mengguncang Cianjur, 14 Orang Tewas dan 17 Luka-luka

- Senin, 21 November 2022 | 15:57 WIB
Ilustrasi gempa. Wilayah Jember mengalami gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 pada Kamis, 16 Desember 2021 pagi, terasa di sejumlah wilayah di Bali..  /Pixabay/Tumisu
Ilustrasi gempa. Wilayah Jember mengalami gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 pada Kamis, 16 Desember 2021 pagi, terasa di sejumlah wilayah di Bali.. /Pixabay/Tumisu

CIANJUR, suaramerdeka-wawasan.com - Gempa bumi hebat menghantam Cianjur, Jawa Barat. Dengan mangitudo 5,6 SR, gempa yang terjadi Senin, 21 November 2022, pukul 13.21 WIB menyebabkan sejumlah 14 orang meninggal dunia dan  sejumlah bangunan roboh serta listrik padam.

Gempa ini mengguncang wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kuatnya getaran gempa hingga teras sampai Jabodetabek.

Gempa susulan terus berlangsung puluhan kali, dan yang paling rendah dengan mangitudo 4 SR.

Baca Juga: Sempat Diguncang Gempa Bumi, Wisatawan di Culture Dieng Festival 2002 Panik Keluar Home Stay

‘’Laporan yang masuk ke kami, ada 14 orang meninggal dunia, dan 17 orang yang mengalami luka,’’ kata Ketua BNPB Letjen Suharyanto dalam keterangannya.

Laporan lain, seperti disampiakan Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menyebutkan kalau ratusan orang dilarikan dan dirawat di rumah sakit-rumah sakit di wilayah Cianjur.

"Warga histeris, rumah-rumah hancur, pendopo plafonnya berjatuhan, gedung Sekda hancur dan listrik padam,’’ kata herman seperti dikutip CNN.

Sedangkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Cianjur, Rizal, mengatakan, kuatnya guncangan gempa sangat dirasakan warga Kabupaten Cianjur.

Kondisi ini membuat panik warga Cianjur, karena terlihat beberapa bangunan rusak hingga roboh.

"Ada beberapa bangunan yang roboh. Kami sedang melakukan pengecekan dampak yang terjadi," kata Rizal dalam perbincangan di tvOne, Senin.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X