Jelang Hari Palawan. Pemerintah Anugerahkan Lima Gelar Pahlawan Nasional. Ini Nama-namanya

- Jumat, 4 November 2022 | 13:10 WIB
 K.G.P.A.A. Paku Alam VIII (Sumber: direktoratk2krs.kemensos.go.id)
K.G.P.A.A. Paku Alam VIII (Sumber: direktoratk2krs.kemensos.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Jelang perayaan Hari Pahlawan yang akan jatuh 10 November mendatang, Pemerintah menganugerahkan lima gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh.

Dan kelima tokoh ini dipilih oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan ini telah mendapatkan persetujuan Presiden Joko Widodo dalam sebuah pertemuan di Istana Bogor, Kamis, 3 November 2022.

Turut mendampingi Presiden dalam menerima kedatangan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca Juga: Nekat Tetap Gelar Siaran TV Analog, Menkopolhukam Ancam Cabut Izinnya

Kelima tokoh ini dipilih dan diseleksi berdasarkan nama-nama yang masuk ke Dewan gelar melalui usulan masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan usai pertemuan dengan presiden mengatakan bahwa kelima tokoh ini, tidak hanya tokoh yang berjuang mendirikan bangsa dan negara.

Tetapi, kata Mahfud, ada juga tokoh-tokoh yang tela berjuang mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan.

"Hari ini Bapak Presiden sesudah berdiskusi dengan kami, dengan Dewan Gelar dan Tanda-Tanda Kehormatan, memutuskan tahun ini memberikan lima (gelar Pahlawan Nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa,’’ kata Mahfud dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden.

‘’Tokoh-tokoh ini adalah tookoh yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan atau yang mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," kata Mahfud.

Baca Juga: Menkes: Pemerintah Berikan Obat Secara Gratis Bagi Pasien Gangguan Ginjal Akut

Kelima tokoh itu adalah DR Dr HR Soeharto (Jawa Tengah),  KGPAA Paku Alam VIII (DI Yogyakarta), Dr Raden Rubini Natawisastra (Kalimantan Barat).

Selain mereka ada almarhum KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat, H Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara.

Mahfud pun mengimbau daerah-daerah asal para tokoh penerima gelar pahlawan nasional untuk mempersiapkan diri hadir pada peringatan Hari Pahlawan 10 November, yang rencananya akan digelar pada hari Senin, 7 November 2022, di Istana Negara Jakarta.

"Kami sarankan kepada daerah-daerah tadi yang sudah mempunyai usul-usul dan disetujui oleh Pemerintah supaya segera menyiapkan diri untuk hadir dan melakukan penyambutan-penyambutan,’’ katanya.

‘’Bisa saja, penyambutan ini berupa upacara adat, upacara daerah, maupun apa pun yang bisa dilakukan untuk menyongsong anugerah ini," ujar Mahfud.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB
X