BPOM RI Temukan 6.001 Tautan Sirup Obat Terkontaminasi Zat Berbahaya, Banyak Dijual Secara Online

- Rabu, 2 November 2022 | 20:03 WIB
Kepala BPOM, Penny K Lukito. /Dok Istimewa/
Kepala BPOM, Penny K Lukito. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, menemukan 6.001 tautan yang teridentifikasi melakukan penjualan sirup obat terkontaminasi zat berbahaya perusak ginjal.

Kepala BPOM Penny K Lukito menjelaskan, data itu diperoleh dari platform situs, media sosial, dan e-commerce di Indonesia.

''Ternyata produk tersebut banyak dijual secara online (daring). Kami melakukan patroli siber terhadap produk yang tidak memenuhi ketentuan,'' kata Penny K Lukito kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 2 November 2022 dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sering Absen Rapat Paripurna, Anggota DPRD Jateng Minta Ketua Dewan Beri Teguran Ganjar Pranowo

Menurut dia, BPOM telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), untuk melakukan penurunan (take-down) konten terhadap 6.001 tautan tersebut sejak 24 Oktober 2022.

Ia mengatakan, obat pada tautan tersebut dianggap tidak aman untuk dikonsumsi sebab diduga mengandung senyawa kimia berbahaya Etilen Glikol dan Dietilen Glikol (DEG), yang dikaitkan dengan kejadian gangguan ginjal akut di Indonesia.

Dia menjelaskan, hasil uji sampling dan pengujian lima dari 38 sampel (13 persen) obat sirop tersebut, terbukti mengandung cemaran EG/DEG melebihi batas aman 0,1 mg/ml, yakni Termorex Sirop (Bets AUG22A06), Flurin DMP Sirop, Unibebi Cough Sirop, Unibebi Demam Sirop, Unibebi Demam Drops.

Baca Juga: Soal Impor Obat Gagal Ginjal Akut, Anggota DPR RI Kritik Menkes: Mau Jualan Obat Lagi Nih!

''EG dan DEG tidak boleh digunakan sebagai bahan tambahan pada produk obat yang diminum,'' paparnya.

Menurut Penny, ambang batas aman atau Maximum Tolerable Daily Intake (MTDI) cemaran EG dan DEG sebesar 0,5 mg/kg BB/per hari.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X