Soal Impor Obat Gagal Ginjal Akut, Anggota DPR RI Kritik Menkes: Mau Jualan Obat Lagi Nih!

- Rabu, 2 November 2022 | 19:49 WIB
Kolase Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago. /Dok Istimewa/
Kolase Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dikritik anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago, soal pembelian obat impor yang diklaim menurunkan kasus gagal ginjal akut.

Kritik tersebut dilontarkan Irma kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Kepala BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), saat rapat kerja Komisi IX DPR RI di Jakarta pada Rabu, 2 November 2022.

Menurut Irma, pembelian obat itu belum dibutuhkan, karena penyebab utama penyakit gagal ginjal akut belum diketahui, selain itu pembelian obat menjadi tanda tanya di publik.

Baca Juga: Ditopang Rute Domestik, Trafik Penumpang dan Pesawat di Bandara A Yani Semarang Alami Kenaikan

''Bukan tidak mungkin ada prasangka, pemerintah ingin jual beli obat dengan memanfaatkan momentum penyakit gagal ginjal akut. Ini kan menimbulkan pertanyaan dari publik, ini mau jualan obat lagi nih?'' tanya Irma.

Ia pun meminta, praduga-praduga itu bisa dihindari dengan menyikapi permasalahan dengan bijak, tidak melulu harus disikapi dengan obat impor untuk menangani gagal ginjal akut, yang penyebabnya bahkan belum dipastikan.

''Nah yang begini gini jangan lah ya. Kasihan presiden kita kalau politik sudah digunjingin di mana-mana, tapi pembantu-pembantunya enggak menjaga nama baik presiden,'' kata Irma.

Baca Juga: Ayah Tega Cabuli Anak Kandungnya hingga Hamil, Perbuatan Bejatnya Terbongkar saat Korban Keguguran

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat dengan Komisi IX DPR Ri itu pamer kasus gagal ginjal akut menurun drastis, berkat adanya obat impor.

Menanggapi itu, Irma Suryani Chaniago, justru meminta Menkes Budi untuk setop membeli obat.

Ia menilai, pembelian obat itu menjadi aneh, lantaran penyebab utama gagal ginjal sendiri sampai dengan saat ini belum dipastikan karena apa.

Baca Juga: Hasil Sidang KKEP Terkait Pembunuhan Brigadir J, Giliran Brijen Pol Hendra Kurniawan Menuyusul Dipecat

Dia pun meminta, Menkes bersama Badan Pengelola Obat dan Makanan (BPOM) benar-benar mencari sebab penyakit, baru kemudian mencari obat.

''Cari dulu betul-betul apa yang menjadi sebab terjadinya kasus ginjal akut ini pada anak ini. Jangan beli obat dulu yang dikedepankan,'' kata Irma dalam rapat kerja Komisi IX itu dengan Menkes dan Kepala BPOM.

Irma mengimbau, Menkes Budi seharusnya berempati kepada para korban, bukan justru membanggakan pembelian obat impor yang diklaim menurunkan jumlah kasus.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB
X