NGERI!! Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan Ternyata...

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 21:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Tangkapan layar)
Menko Polhukam Mahfud MD (Tangkapan layar)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF mendapatkan fakta bahwa gas air mata yang ditembakkan oleh petugas keamanan ke arah Aremania dalam Tragedi Kanjuruhan sudah kedaluwarsa.

Hal itu disampaikan oleh Ketua TGIPF Mahfud MD tentang hasil temuan timnya saat melakukan penyelidikan atas peristiwa kerusuhan Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu 1 Oktober 2022 lalu.

"Bukti-bukti penting yang didapatkan dari lapangan saat ini sedang dikaji dan sebagian juga sedang diperiksakan di laboratorium. Misalnya, menyangkut dengan kandungan gas air mata yang kedaluwarsa," kata Mahfud MD, Selasa, 11 Oktober 2022, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, Akhirnya Kapolri Copot Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta

Pemeriksaan ke laboratorium itu untuk mengetahui tingkat bahayanya, apakah lebih berbahaya atau tidak berbahaya, daripada gas air mata tidak kedaluwarsa.

Mahfud, yang juga Menkopolhukam, menjelaskan, temuan gas air mata kedaluwarsa ini didapat tim saat melakukan penyelidikan.

Terpisah, pihak Polri membenarkan adanya gas air mata sudah kedaluwarsa yang digunakan untuk mengamankan kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Ada beberapa yang ditemukan (gas air mata) pada tahun 2021. Saya masih belum tahu jumlahnya, tetapi ada beberapa," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 10 Oktober 2022.

Baca Juga: Penetapan Tersangka Kabag Ops Polres Malang. Kapolri: Dia Tahu Gas Air Mata Dilarang FIFA

Namun, menurut polisi, efek kedaluwarso yang ditimbulkan dari cairan kimia itu berkurang dibandingkan gas air mata non-kedaluwarsa.

Meski belum diketahui berapa jumlah gas air mata kedaluwarsa yang digunakan saat tragedi Kanjuruhan, Dedi memastikan, sebagian besar gas air mata atau chlorobenzalmalononitrile (CS) saat itu adalah yang masih berlaku.

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB
X