Tahan Ivan Dwi Kusuma, KPK Jelaskan Kronologi Perkara

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:34 WIB
Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto (Tangkapan layar)
Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto (Tangkapan layar)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menahan seluruh tersangka kasus suap pengurusan perkara di MA. Terakhir KPK menahan tersangka Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS). Ivan adalah pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto saat jumpa pers di Gadung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa, 04 Oktober 2022 menjelaskan, ‘’Peran IDKS ini adalah orang yang melakukan gugatan dan orang yang memberikan/menyiapkan dana dalam upaya-upaya yang dilakukan dalam proses hukum.’’

Seperti diketahui, KPK secara keseluruhan telah menetapkan 10 orang tersangka dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara di MA tersebut.

Baca Juga: KOMPLIT! 10 Tersangka Kasus Suap Hakim Agung Ditahan KPK. Siapa yang Terakhir?

Sebagai penerima adalah Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD), Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu (ETP), dua PNS pada Kepaniteraan MA Desy Yustria (DY) dan Muhajir Habibie (MH), serta dua PNS MA Nurmanto Akmal (NA) dan Albasri (AB).

Sedangkan sebagai pemberi adalah Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno masing-masing selaku pengacara. Dan dua pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana Heryanto Tanaka (HT) dan terakhir adalah Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

Konstruksi perkaranya, lanjut Karyoto, mulanya ada laporan pidana dan gugatan perdata terkait dengan aktivitas Koperasi Simpan Pinjam Intidana di Pengadilan Negeri Semarang yang diajukan HT dan IDKS dengan diwakili melalui kuasa hukumnya, yakni YP dan ES.

Saat proses persidangan di tingkat Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi, HT dan ES belum puas dengan keputusannya, sehingga melanjutkan upaya hukum berikutnya di tingkat kasasi pada MA.

Baca Juga: Uang Sebanyak SGD 205 ribu dan Rp 50 Juta Turut Diamankan KPK Dalam Kasus Suap MA

Pada tahun 2022, dilakukan pengajuan kasasi oleh HT dan IDKS dengan masih mempercayakan YP dan ES sebagai kuasa hukumnya.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X