KPK Tetapkan 10 Tersangka Dalam Kasus Dugaan Suap MA. Salah Satunya Hakim Agung Sudrajad Dimyati

- Jumat, 23 September 2022 | 09:37 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. /@jakartaraya/Instagram/
Ketua KPK Firli Bahuri. /@jakartaraya/Instagram/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasanKPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) akhirnya merillis 10 tersangka dugaan suap dan penerimaan janji terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Bahkan mereka menjelaskan, dari 10 tersangka yang ditetapkan, enam diantaranya sudah ditangkap dalam OTT (operasi tangkap tangan) yang digelar, Rabu, 21 September 2022. Mereka akan ditahan hingga 20 hari ke depan.

“Mereka akan ditahan terhitung mulai tanggal 23 September 2022 sampai dengan 12 Oktober 2022," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat, 23 September 2022.

Baca Juga: Nurul Ghufron: KPK Prihatin dan Sedih Harus Tangkap Hakim Agung

Yang menarik, dari empat tersangka yang belum ditahan atau tidak terjaring OTT adalah Hakim Agung di Mahkamah Agung bernama Sudrajad Dimyati.

KPK meminta para tersangka yang belum ditahan bersikap kooperatif dengan menghadiri panggilan penyidik sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Enam orang yang tertangkap tangan, kata Firli, empat diantaranya adalah orang di lingkungan Mahkamah Agung yang disangkakan sebagai penerima.

Mereka adalah Elly Tri Pangestu (Hakim Yustisial/Panitera Pengganti Mahkamah Agung), Desy Yustria (PNS pada Kepaniteraan Mahkamah Agung), Muhajir Habibie (PNS pada Kepaniteraan Mahkamah Agung), dan Albasri (PNS Mahkamah Agung).

Baca Juga: KPK: Ada Sejumlah Uang Yang Diamankan dalam OTT di MA

Sedangkan dua orang lain yang disangkakan sebagai penerima adalah Yosep Parera (pengacara), Eko Suparno (pengacara).

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Tahan Ivan Dwi Kusuma, KPK Jelaskan Kronologi Perkara

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:34 WIB

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X