Meninggalnya Santri Pondok Gontor, Menag: Bisa Saja Izin Dicabut, Kalau Terbukti Lakukan Kekerasan Sistematis

- Rabu, 7 September 2022 | 17:00 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qumas. /Dok Istimewa/
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qumas. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Menag (Menteri Agama), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya masih mendalami terkait kasus kekerasan yang menyebabkan seorang santri berinisial AM (17) meninggal dunia.

Menurut Yaqut, izin operasional Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur bisa saja dicabut, apabila Ponpes Gontor terbukti melakukan kekerasan secara sistematis.

''Yang bisa kami lakukan adalah, jika terbukti secara sistematis pesantren melakukan kekerasan, pelecehan dan seterusnya, kita cabut izin operasionalnya. Karena izin operasional pesantren ada di Kemenag,'' jelas Yaqut di Mabes AD, Jakarta, Rabu, 7 September 2022.

Baca Juga: Penyanyi Cilik Farel Prayoga Joget dan Nyawer Pengamen Cantik, Jadi Perhatian Warganet

Kendati demikian, jelasnya, Kemenag (Kementerian Agama) masih belum bisa menetapkan kepada siapa sanksi yang layak diberikan, apakah bagi para pelaku kekerasan atau kepada pihak ponpes.

''Kami lihat dulu, nanti dalam kasus ini sistematis atau sanksi. Sanksi kan sanksi hukum,'' paparnya.

Di sisi lain, Yaqut menuturkan, Kemenag bisa melakukan pengawasan terhadap pondok pesantren, tetapi juga tidak bisa melakukan intervensi lantaran ponpes bersifat sebagai lembaga yang independen.

Baca Juga: Dengar Emak Emak dan Driver Ojol Soal Kenaikan BBM, Ganjar: Pemerintah agar Percepat Pendataan Terdampak

''Tapi kalau disebut kami melakukan intervensi atau campur tangan yang dalam di pesantren itu enggak bisa. Karena itu lembaga yang sangat independen, dan tidak struktural di bawah kementerian,'' bebernya.

Dikutip dari Antara, Kepolisian Resor Ponorogo, Jawa Timur mengungkapkan, jumlah santri yang menjadi korban dugaan penganiayaan di lingkungan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, tidak hanya AM (17).

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X