Seluruh Daerah di Indonesia Berstatus PPKM Level 1, Diperpanjang hingga 3 Oktober 2022

- Selasa, 6 September 2022 | 11:02 WIB
Ilustrasi Covid 19 /Pixabay/
Ilustrasi Covid 19 /Pixabay/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) menyatakan, seluruh daerah di Indonesia statusnya berada pada level 1 untuk perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA mengatakan, PPKM itu berlaku hingga 3 Oktober 2022, walaupun kondisi Covid 19 selama sepekan terakhir mengalami tren penurunan.

''Hasil asesmen PPKM kali ini dan berdasarkan pertimbangan para ahli masih ditetapkan seluruh daerah di Indonesia berada di Level 1,'' Safrizal ZA dalam keterangan kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 6 September 2022 dikutip dari Antara.

Baca Juga: Buntut Tewasnya Dua Pendukung PSS Sleman dalam Sebulan, Dua Kelompok Besar Suporter Menepi Sejenak

Menurut dia, peraturan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2022 untuk Jawa Bali, dan Instruksi Mendagri Nomor 43 Tahun 2022 untuk Luar Jawa Bali.

''Kedua Inmendagri tersebut, akan berlaku sampai dengan tanggal 3 Oktober 2022,'' jelasnya.

Ia menyebutkan, pemberlakuan Inmendagri tersebut secara substansi tidak jauh berbeda dengan pemberlakuan Inmendagri sebelumnya, berdasarkan masukan dari para ahli seluruh daerah di Indonesia berstatus PPKM Level 1, walaupun tingkat positif masih di atas standar WHO.

Baca Juga: Travel Minibus Kecelakaan di Tol Batang Tewaskan Tujuh Penumpang, Dikemudikan Sopir Cadangan

''Seluruh daerah di Indonesia berada di level 1. Namun kita tetap harus terus waspada karena hingga saat 'positivity rate' kita selama 30 hari ke belakang masih di atas standar normal yang ditetapkan WHO yaitu 5 persen,'' katanya.

Dikatakan, penyesuaian dalam regulasi PPKM, khususnya untuk luar Jawa-Bali terlihat pada penyesuaian pintu masuk PPLN.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X