Para Driver Ojek Online Senang Nih! Kemenhub Nanti Sore Umumkan Kenaikan Tarif

- Senin, 5 September 2022 | 11:21 WIB
Ilustrasi ojek online. /Dok Istimewa/
Ilustrasi ojek online. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Terkait dengan kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) Kemenhub (Kementerian Perhubungan) bakal menaikkan tarif ojek online (Ojol) pada Senin sore nanti, 5 September 2022.

Demikian pernyataan resmi yang disampaikan Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, kepada wartawan di Jakart, Senin, 5 September 2022.

Seperti diketahui, harga BBM telah naik pada Sabtu, 3 September, 2022, sehingga terkait kenaikan harga BBM, para driver ojol menuntut kenaikan tarif yang sebelumnya sempat tertunda.

Baca Juga: Madura United Pimpin Klasemen Liga 1 Pekan Kedelapan, Berikut Ini Jadwal Lengkap Pekan Kesembilan

Asosiasi Driver Online (ADO), menuntut kenaikan tarif sebesar 30 persen untuk merespons kenaikan harga BBM. Mereka juga meminta tarif taksi online disesuaikan dengan adanya kenaikan harga BBM.

''Kami minta kepada Pemerintah untuk menaikkan tarif ojol dan mobil (taksi) online sebesar minimal 30 persen dari harga saat ini tanggal 03 September 2022,'' kata Ketua Umum Asosiasi Driver Online (ADO) Taha 'Ariel' Syafaril kepada wartawan, Minggu, 4 September 2022.

Ariel berharap, pemerintah mau menurunkan potongan aplikasi menjadi hanya sekitar 10 persen saja.

Baca Juga: Sempat Diguncang Gempa Bumi, Wisatawan di Culture Dieng Festival 2002 Panik Keluar Home Stay

Selama ini, jelasnya, tarif komisi dan potongan aplikasi banyak yang masih di atas 20 persen, sehingga mengurangi pendapatan para driver.

''Pemerintah harus menurunkan potongan aplikasi menjadi 10 persen tanpa ada lagi fee aplikasi pada setiap order-nya,'' harap Ariel.

Tercatat kenaikan tarif ojol sudah dua kali. yang tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Baca Juga: Jika Berikutnya Tak Diizinkan Laga dengan Penonton, Nusantara United FC Rencanakan Pindah Kandang

Seharusnya, kata Ariel, tarif baru ojol berlaku 14 Agustus 2022 atau sekitar 10 hari, setelah aturan itu diteken, tapi aturan ini diundur penerapannya menjadi 29 Agustus 2022.

Kenaikan tarif ojol ini pertama kali ditunda pada 14 Agustus 2022 yang lalu, namun Kemenhub memutuskan untuk memundurkan penerapan tarif baru ojek online ke tanggal 29 Agustus 2022, atau 25 hari kalender sejak aturan KM 564 ditetapkan per tanggal 4 Agustus.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, menjelaskan, pihaknya baru saja melakukan peninjauan kembali terhadap waktu penerapan aturan tarif ojol ini.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB
X