Setelah 7 Hari Belum Ditemukan, Pencarian Pelajar Semarang yang Terseret Ombak Parangtritis Dihentikan

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 21:28 WIB
Tim SAR Gabungan menghentikan pencarian korban terseret ombak Pantai Parangtritis, setelah tujuh hari operasi. /Dok Basarnas Yogyakarta/
Tim SAR Gabungan menghentikan pencarian korban terseret ombak Pantai Parangtritis, setelah tujuh hari operasi. /Dok Basarnas Yogyakarta/

YOGYAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Tim SAR Gabungan akhirnya menghentikan operasi pencarian pelajar SMK Ibu Kartini Semarang, Catur Prasetya (17) yang hilang terseret ombak Pantai Parangtritis, Senin, 15 Agustus 2022 lalu.

Hingga kini, jasad Catur Prasetya (17), warga Pamularsih, Semarang, yang hilang terseret ombak di Pantai Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, belum juga ditemukan.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi mengatakan, selama tujuh hari pencarian Tim SAR Gabungan sudah memaksimalkan metode pencarian jasad korban.

Baca Juga: Dua Pelajar Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Seorang dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

Di antaranya, kata Kamal, menggunakan perahu jukung, jetski, penyisiran di sepanjang pantai hingga menggunakan drone, namun jasad korban belum berhasil ditemukan.

''Karena masuk hari ke-7, pencarian satu orang wisatawan yang terseret ombak di Pantai Parangtritis, resmi kami tutup pukul 17.00 WIB,'' ungkap Kamal kepada wartawan pada Minggu, 21 Agustus 2022.

Kamal menyebutkan, dihentikannya operasi pencarian korban, mengacu pada Undang-undang No. 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan, yang disebutkan bahwa maksimal Operasi SAR adalah tujuh hari.

Baca Juga: Terseret Ombak Pantai Parangtritis, Pelajar SMK Ibu Kartini Semarang hingga Kini Belum Ditemukan

''Penutupan operasi SAR ini juga sudah berkordinasi dengan semua pihak, baik keluarga korban dan masing-masing kordinator SAR Gabungan,'' tandasnya.

Ia mengatakan, meski operasi SAR sudah ditutup, namun Basarnas Yogyakarta akan terus berkoordinasi dengan SAR Satlinmas dari wilayah I Sadeng sampai SAR Satlinmas wilayah V Glagah.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X