Warga Sipil di Yahukimo Papua Ditembaki KKB, Empat Orang Tewas

- Jumat, 25 Juni 2021 | 16:46 WIB
Ilustrasi penembakan warga sipil. /JawaPos.com
Ilustrasi penembakan warga sipil. /JawaPos.com

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Lima orang warga sipil menjadi korban penembakan yang diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Bingki, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Kamis 23 Juni 2021 kemarin.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, dalam kasus ini 4 orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka.

"Untuk korban luka telah dibawa oleh masyarakat guna mendapatkan perawatan medis," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Jumat 25 Juni 2021.

Selain itu, kata Kamal, pihaknya menduga bahwa para KKB ini juga menyandera beberapa warga. Walaupun hal itu masih diselidiki lebih lanjut.

"Sementara untuk 4 orang yang disandera oleh KKB masih dalam penyelidikan lebih lanjut," tuturnya.

Peristiwa ini bermula ketika sejumlah warga sipil yang merupakan pekerja bangunan di PT. Sinama sedang melakukan aktivitas pembangunan proyek Jembatan Kali Kuk Kampung Samboga, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo.

Kemudian salah seorang korban bernama Saiful yang merupakan sopir sedang mengambil matrial proyek berupa batu ciping (batu olahan) dari Camp Kali Kuk Kampung Samboga dengan tujuan PT. Berantas, Kampung Sukamo, melewati jembatan Kali I kampung Samboga Distrik Seradala.

Saat melintas jembatan dari Camp Kali Kuk korban dihadang oleh kelompok KKB Kali I dengan jumlah 30 orang yang diduga pimpinan Tendius Gwijangge alias tendinus Murib.

Mereka membawa senjata tajam berupa anak panak, kampak, parang, samurai, dan juga membawa 2 pucuk senjata api laras panjang.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X