Kemenkes Sebutkan Ada Seorang Pasien Positif Cacar Monyet, Baru Pulang dari Luar Negeri

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:36 WIB
Ilustrasi cacar monyet. /Pixabay/
Ilustrasi cacar monyet. /Pixabay/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan adanya kasus positif cacar monyet pertama pada pasien berusia 27 tahun di Indonesia.

Seperti diketahui, cacar monyet adalah penyakit akibat infeksi virus monkeypox, yang menyebabkan penderitanya alami ruam akut seperti papula (jerawat menonjol).

Bahkan, vesikel atau pustula (jerawat berisi nanah), yang tidak bisa dijelaskan di negara nonendemis atau negara selain Afrika.

Baca Juga: Setelah Dilakukan Kajian Akademik, Zainudin Amali Dikukuhkan Profesor Kehormatan oleh UNNES

Juru bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengatakan, pasien yang terkormiasi positif cacar monyet itu, baru saja bepergian dari luar negeri, dan mengalami gejala demam pada 14 Agustus 2022.

''Hari ini ada satu terkonfirmasi dari Jakarta, baru seorang berusia 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam,'' ungkap Syahril saat konferensi pers, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Menurut dia, pasien ini selain mengalami demam, juga pembengkakan kelenjar di leher, dan ruam di tangan, kaki, leher, wajah dan di area genital.

Baca Juga: Cabuli Keponakan Sendiri, Pria Berkeluarga Dibekuk Polres Pemalang Setelah Buron Empat Tahun

''Saat ini keadaan pasien baik-baik saja, dalam istilah Covid 19 gejala ringan, pasien tidak perlu dirawat cukup isoman di rumah,'' jelas Syahril.

Ia mengatakan, kasus konfirmasi cacar monyet ini merupakan yang ke-23 diperiksa Kemenkes, sedang 22 kasus sebelumnya suspek atau dicurigai hingga discard atau disingkirkan karena negatif tes PCR cacar monyet.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X