Komnas HAM: Irjen Pol Ferdy Sambo Mengaku Dalang Pembunuhan dan Menghalangi Penyidikan

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:13 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (tangkapan layar)
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (tangkapan layar)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Tersangka kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Irjen Pol Ferdy Sambo, membuat pengakuan penting ke Komnas HAM terkait kasus yang menjeratnya.

Menurut Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam keterangannya, Sabtu, 20 Agustus 2022, pengakuan itu, yakni sebagai dalang pembunuhan dan menghalangi proses penyidikan. “Dia (Ferdy Sambo) mengakui dua hal itu,” kata Ahmad Taufan.

Pengakuan pertama yang diperoleh Komnas HAM adalah pengakuan Ferdy Sambo dalam rencana pembunuhan Brigadir J. “Dia yang merencanakan pembunuhan (Brigadir J),” tambah Taufan seperti dikutip PMJNews.

Baca Juga: Berkas Perkara Ferdy Sambo Dkk Sudah Diserahkan ke Kejagung. Kejagung Segera Lakukan Ini

Selanjutnya, Ferdy Sambo disebut mengaku obstruction of justice atau menghalangi penyidikan dengan memberi perintah untuk menghilangkan barang bukti hingga membuat skenario.

“Kedua, dia yang menjadi otak “obstruction of justice” dengan merusak TKP, menghilangkan barang bukti, membuat skenario seolah-olah ada kekerasan seksual di rumah dinas, kemudian terjadi tembak-menembak antara Barada E dan Brigadir J serta melakukan disinformasi,” paparnya.

Pengakuan dari Mantan Kadiv Propam Polri itu agak senada dengan pengakuan yang dibuat oleh tersangka lain, Bharada E atau Bharada Richard Eliezer.

Seperti disampaikan ke Komnas HAM, Bharada E mengakui, Ferdy Sambo terlibat dalam penembakan Brigadir J dengan menembak sebanyak dua kali.  “Itu (Ferdy Sambo tembak dua kali) keterangan (dari) Bharada E,” kata taufan lagi.

Baca Juga: Komnas HAM: Ferdy Sambo Mengakui Bersalah Merekayasa dan Mendisinformasi Kasus Brigadir J

Makanya, lanjut Taufan, dari pengakuan ini perlu dibuktikan lebih jauh dengan alat bukti. “Tugas penyidik untuk mendalaminya lagi (pengakuan Bharada E) dengan bukti yang kuat,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X