LPSK Putuskan Beri Perlindungan Bharada E Sebagai Justice Collaborator Bukan Korban Kasus Pembunuhan

- Senin, 15 Agustus 2022 | 21:17 WIB
Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo
Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban atau LPSK mengabulkan permohonan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, sebagai kolaborator keadilan atau justice collaborator.

"Kami memutuskan untuk menjadikan Bharada E, terlindung dari LPSK sebagai justice collaborator," kata Ketua LSPK Hasto Atmojo Suroyo dalam konferensi pers di kantor LPSK, Jakarta Timur, Senin, 15 Agustus 2022 seperti dikutip Antara.

Namun pihak LPSK menolak permohonan Bharada E untuk memberi perlindungan atas perkara tindak percobaan pembunuhan dengan terduga pelaku Brigadir J.

Baca Juga: LPSK Tolak Memberi Perlindungan Bharada E Sebagai Korban Percobaan Pembunuhan

Baca Juga: LPSK Nyatakan Tak Bisa Lindungi Putri Candrawathi

Hasto menambahkan, LPSK menilai Bharada E memenuhi syarat sebagai tersangka yang bersedia bekerja sama dengan aparat hukum untuk membongkar kasus pidana pembunuhan berencana terhadp Brigadir J.

Selain bukan pelaku utama, kata Hasto, Bharada E juga menyatakan kesediaannya untuk memberikan informasi kepada aparat penegak hukum tentang berbagai fakta terkait kejadian perkara.

Berdasarkan catatan LPSK, Bharada E merupakan pelaku tindak pidana dengan peran minor karena saat kejadian dia mendapatkan perintah dari atasannya.

"Bahkan keterlibatannya masih kami dalami, apakah yang bersangkutan menjadi master mind atau bagaimana; tapi yang jelas, kami melihat peran yang bersangkutan ini kecil dan kami melihat yang bersangkutan tidak punya mens rea atau niatan untuk melakukan pembunuhan," jelas Hasto.

Keputusan LPSK memberikan perlindungan terhadap Bharade E karena dua syarat, yakni pertama adanya ancaman dan yang kedua adanya proses hukum yang harus segera dilalui Bharada E sehingga harus segera didampingi.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X