Terima Penghargaan, Pemerintah Janji Tuntaskan 61 Bendungan untuk Dongkrak Swasembada Beras

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:07 WIB
Presiden RI Joko Widodo menerima plakat dari Direktur Jenderal IRRI Jean Balie di Istana Negara Jakarta (Setkab)
Presiden RI Joko Widodo menerima plakat dari Direktur Jenderal IRRI Jean Balie di Istana Negara Jakarta (Setkab)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Keberhasilan Indonesia dalam tiga tahun melakukan peningkatan swasembada beras dan mampu menjaga ketahanan pangan ditengah iklim geopolitik global, membuat IRRI memberikan penghargaan kepada pemerintah.

IRRI sebuah pusat penelitian beras dan ketahanan pangan internasional yang berpusat di Filipina. Mereka sejak tahun 1960 memfokuskan diri terhadap pengembangan padi dan ketahanan pangan internasional.

Presiden Joko Widodo menanggapi prestasi ini mengatakan selama tahun 2019 hingga 2021, Indonesia konsisten memproduksi beras di angka 31,3 juta ton per tahun; dan dalam tiga tahun terakhir Indonesia sudah tidak mengimpor beras.

Baca Juga: Jokowi Terima Penghargaan IRRI. Ini Prestasi Indonesia Dibidang Swasembada Beras

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, stok beras Indonesia di lapangan pada akhir April 2022, atau kwartal pertama 2022, mencapai 10,2 juta ton.

Stok beras ini tersebar di berbagai tempat mulai dari masyarakat, petani, restoran, Bulog dan beberapa industri pangan.

"Sepuluh koma dua juta ton ini merupakan stok tertinggi dan inilah yang sebabkan kenapa pada hari ini, kita diberikan sertifikat,’’ katanya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, bahwa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan.

"Peningkatan dan konsistensi inilah yang saya lihat, dilihat oleh FAO, dilihat oleh IRRI; karena memang jumlah itu adalah jumlah yang riil.’’ tambahnya.

‘’Inilah yang menyebabkan kenapa pada hari ini diberikan kepada kita sebuah sertifikat bahwa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan," katanya saat menerima Direktur Jenderal IRRI, Jean Balie di Istana Negara, Jakarta, Minggu, 14 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Tahan Ivan Dwi Kusuma, KPK Jelaskan Kronologi Perkara

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:34 WIB

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X