Jokowi Terima Penghargaan IRRI. Ini Prestasi Indonesia Dibidang Swasembada Beras

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:08 WIB
Presiden RI Joko Widodo menerima plakat dari Direktur Jenderal IRRI Jean Balie di Istana Negara Jakarta (Setkab)
Presiden RI Joko Widodo menerima plakat dari Direktur Jenderal IRRI Jean Balie di Istana Negara Jakarta (Setkab)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Sebuah penghargaan bergengsi dibidang pangan diterima pemerintah Indonesia karena berhasil mencapai swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan dengan baik.

Atas hal itu, pusat penelitian padi dan ketahanan pangan dunia yang berpusat di Filipina, IRRI atau International Rice Research Institute memberikan penghargaan kepada Indonesia atas keberhasilannya swasembada beras. Penghargaan itu diserahkan kepada Presiden Ri Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

"Kami senang berada di sini untuk merayakan capaian Indonesia dalam sektor agrikultur," kata Direktur Jenderal IRRI Jean Balie saat menyerahkan penghargaan di Istana Negara, Jakarta, Minggu, 14 Agustus 2022, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Jokowi Tanam Bibit Kelapa Genjah di Boyolali dan Sukoharjo, Ajak Masyarakat Berdayakan Lahan

"Pada kesempatan ini, saya ingin menyerahkan plakat kepada Presiden Jokowi sebagai bentuk pengakuan dan ucapan selamat atas keberhasilan Indonesia mencapai swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional," tambahnya.

Turut hadir dalam penyerahan penghargaan ini antara lain Kepala Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timor Leste Rajendra Aryal, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ada juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Hadir juga sejumlah perwakilan pemerintah daerah, perwakilan rektor, serta perwakilan petani dari seluruh asosiasi pertanian di tanah air.

Dari catatan pemerintah, selama tahun 2019 hingga 2021, Indonesia konsisten memproduksi beras di angka 31,3 juta ton per tahun; dan dalam tiga tahun terakhir Indonesia sudah tidak mengimpor beras.

Berdasarkan data Badan Pusat Statisti, stok beras Indonesia di lapangan pada akhir April 2022 mencapai 10,2 juta ton.

Stok beras ini tersebar di berbagai tempat mulai dari masyarakat, petani, restoran, Bulog dan beberapa industri pangan.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Tahan Ivan Dwi Kusuma, KPK Jelaskan Kronologi Perkara

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:34 WIB

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X