Polisi Hentikan Penyidikan Laporan Dugaan Pelecehan Putri Candrawathi oleh Brigadir J

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 00:22 WIB
Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi beri keterangan pers
Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi beri keterangan pers

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Tim Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum atau Diritpidum Bareskrim Polri menghentikan laporan dugaan pelecehan terhadap Putri Candrawathi, istri Irjen Po Ferdy Sambo dengan terlapor Brigadir J, termasuk laporan dugaan pembunuhan.

“Berdasarkan gelar perkara tadi sore, kedua perkara ini kami hentikan penyidikannya. Ini karena tidak ditemukan peristiwa pidana dari laporan itu,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2022 malam seperti dikutip Antara.

Selain itu Andi juga menyebutkan, kedua laporan tersebut masuk dalam kategori sebagai upaya untuk menghalang-halangi penyidik. Dengan sendirinya kedua laporan tersebut dinyatakan gugur.

Baca Juga: Bareskrim Sudah Serahkan SPDP. Kejagung Sudah Tunjuk Jaksa Penuntut Umum

“Kami anggap dua laporan polisi ini menjadi satu bagian masuk dalam kategori "obstraction of juctice", menjadi bagian dari upaya menghalangi-halangi pengungkapan dari pada kasus 340,” katanya.

Andi menjelaskan, yang pertama laporan dugaan pelecehan atau kekerasan seksual dilaporkan dengan Laporan Polisi Nomor 1630/B/VII/2022/SPKT Polres Metro Jakarta Selatan.

Kejadian ini dilaporkan pada tanggal 9 Juli 2022 tentang kejahatan kesopanan dan/atau perbuatan memaksa seseorang dengan kekerasan, ancaman kekerasan dan atau kekerasan seksual.

Kejahatan ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 289 KUHP dan/atau Pasal 335 KUHP atau Pasal 4 juncto Pasal 6 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

Waktu kejadian dilaporkan pada Jumat, 8 Juli 2022 sekitar pukul 17.00 WIB, bertempat di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga Nomor 46, Jakarta Selatan.

Dalam laporan ini pihak terlapor dan korban adalah Putri Candrawathi, terlapornya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Tahan Ivan Dwi Kusuma, KPK Jelaskan Kronologi Perkara

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:34 WIB

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X