Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo Akhirnya Jadi Tersangka

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:13 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo umumkan penetapan tersangka Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo (tangkapan layar YouTube)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo umumkan penetapan tersangka Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo (tangkapan layar YouTube)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo akhirnya ditetapkan sebagai tersangka tewasnya Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas Kadiv Propam Polri, di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka diumumkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Kapolri mengungkap Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka karena memerintahkan Bharada E untuk menembak.

"Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J yang menyebabkan saudara J meninggal dunia yang dilakukan oleh saudara E atas perintah saudara FS (Ferdy Sambo)," kata Listyo Sigit, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa malam, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: LPSK Kunjungi Putri Candrawathi. Apa Hasilnya?

Kapolri mengatakan, dengan penetapan FS berarti dalam peristiwa ini, timsus telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, yakni Irjen Pol Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, dan KM.

Keempatnya disangkakan dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup.

Awalnya Brigadir J dilaporkan tewas akibat baku tembak antaranggota melibatkan Bharada Polri Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Namun hasil penyidikan timsus, skenario tembak-menembak itu tidak terbukti, yang ada adalah Bharada E menembak Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo, dengan senjata Brigadir RR.

Sementara senjata Brigadir J digunakan oleh Ferdy Sambo untuk menembak dinding rumah tempat kejadian perkara (TKP).

Baca Juga: LPSK Datangi Bareskrim Polri. Ini Yang Dibahas Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Tahan Ivan Dwi Kusuma, KPK Jelaskan Kronologi Perkara

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:34 WIB

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X