Komnas HAM Gandeng Komnas Perempuan Ungkap Kasus Pelecehan Seksual Putri Candrawathi

- Senin, 8 Agustus 2022 | 23:21 WIB
Ketua Komnas Perempuan Andi Yentriyani (tangkapan layar YouTube)
Ketua Komnas Perempuan Andi Yentriyani (tangkapan layar YouTube)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Keinginan Komnas HAM untuk memeriksa atau meminta keterangan pada istri Irjen Ferdy Sambo Putri Candrawathi atau PC akan melibatkan Komnas Perempuan.

Seperti diketahui, PC adalah salah satu saksi kunci untuk mengungkap kasus penembakan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Selain itu PC juga korban karena mengalami pelecehan seksual oleh Brigadir J, yang berujung pada penembakan ajudannya itu.

Baca Juga: Timsus Besok Akan gelar Perkara Tewasnya Brigadir J. Bisa Dibandingkan dengan Keterangan Pengacara Bharada E

"Kita berdiskusi dengan Komnas Perempuan untuk minta dukungan Komnas Perempuan terkait penyelidikan dan pendalaman terhadap dugaan kasus kekerasan seksual yang menimpa ibu PC," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kantor Komnas HAM, Senin, 08 Agustus 2022.

Taufan mengatakan, bahwa Komnas HAM selama ini menghormati proses penyelidikan dugaan kekerasan seksual ini sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sesuai Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau TPKS, katanya, menyebutkan bila seseorang yang melaporkan tentang dugaan tindak pidana kekerasan seksual, harus diasumsikan dan diperlukan sebagai korban lebih dulu.

Seperti diketahui, Istri ferdy Sambo, telah melaporkan dugaan pelecehan seksual ke Polres Jakarta Selatan. Kasus sempat diambil alih Polda Metro Jaya, namun kini ditangani Bareskrim Polri.

Makanya Komnas HAM dan Komnas Perempuan akan melakukan pemeriksaan berdasarkan prinsip hak asasi.

Selain itu, Komnas HAM juga akan meminta keterangan Putri Candrawathi sebagai saksi untuk melengkapi hasil penyelidikan yang telah dilakukan.

"Agar tindakan lebih profesional kami memutuskan lebih baik mempercayakan Komnas Perempuan yang ranahnya dalam isu kekerasan seksual.’’

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X