Mantan Menpora Roy Suryo Ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, Dijerat Pasal Berlapis

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:56 WIB
Mantan Menpora Roy Suryo dikawal petugas menuju rutan Polda Metro Jaya, usai diperiksa pada Jumat malam, 5 Agustus 2022. /Dok Istimewa/
Mantan Menpora Roy Suryo dikawal petugas menuju rutan Polda Metro Jaya, usai diperiksa pada Jumat malam, 5 Agustus 2022. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Mantan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga), Roy Suryo ditahan di Rutan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, mulai Jumat malam, 5 Agustus 2022.

Pakar telematika, Roy Suryo yang ditetapkan tersangka terkait kasus meme stupa Candi Borobudur, ditahan usai diperiksa di Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta.

''Penyidik memutuskan mulai malam ini (Jumat, 5 Agustus 2022) terhadap Roy Suryo Notodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian ini mulai dilakukan

Baca Juga: Rumah Semi Permanen di Purbalingga Ludes Terbakar, Ibu dan Anaknya Meninggal Terpanggang

penahanan,'' kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangan pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Menurut Zulpan, penahanan terhadap Roy Suryo dilakukan, karena dikhawatirkan menghilangkan barang bukti dan sebagainya, sebagaimana tertuang dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP.

Ia mengatakan, pihaknya juga menyita akun Twitter Roy Suryo, yakni @KRMTRoySuryo2, yang digunakan untuk mengunggah meme stupa Candi Borobudur, hingga menjadi persoalan pidana.

Baca Juga: Sewa Kamar Kos per Jam, Dua Pelajar di Kudus Berduaan Digerebek Warga

''Kemudian handphone atau HP Saudara Roy Suryo juga disita. Kemudian handphone dari saksi atas nama Ade Suhendrawan juga dilakukan penyitaan,'' bebernya.

Zulpan menambahkan, bahwa penyitaan dilakukan demi kebutuhan penyidikan, lantaran barang bukti itu berkaitan dengan tindakan pidana yang dilakukan.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X