Pengekspor Biji Kokain Ditangkap Polda Metro Jaya, Hasil Tanaman di Rumahnya Sejak 2003

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:09 WIB
Pengekspor biji kokain ditangkap Subdit III Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya berikut barang buktinya. /Dok Istimewa/
Pengekspor biji kokain ditangkap Subdit III Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya berikut barang buktinya. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Pria paruh baya berinisial SDS (51) ditangkap Subdit III Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya, lantaran mengekspor biji koka alias kokain.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, kepada penyidik pelaku mengaku menanam pohon koka sejak 2003 di rumahnya.

''Tersangka SDS juga mengaku, awalnya memperoleh biji koka dari Kebun Raya Bogor,'' jelas Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Embun Es Muncul Lagi di Dataran Tinggi Dieng, Wisatawan Mulai Menunggu Datangnya Fenomena Alam Ini

Selain dari Kebun Raya Bogor, katanya lagi, tersangka SDS juga mengklaim memperoleh biji koka untuk ditanam di rumahnya dari Kebun Balitro Lembang, Bandung, Jawa Barat.

''Tersangka mendapatkan biji-biji koka dari Kebun Balitro Lembang (Balai Penelitian Rempah dan Obat) dari penjaga kebun dengan mengatakan membutuhkan biji-biji tersebut sebagai penelitian tanaman obat,'' bebernya.

Terkait pengungkapan kasus ini, Zulpan menyebut berawal dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, adanya paket boneka kecil atau Finger Puppet yang dikembalikan atau reture dari pihak pembeli di Ceko.

Baca Juga: Ingin Merasakan Sambal Ganja Aceh? Dibagikan Gratis Lho, di Solo Indonesia Culinary Festival

Zulpan mengatakan, berbekal kecurigaan tersebut, Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan dan ternyata diketahui di dalamnya terdapat biji koka.

''Dari hasil laboratorium tersebut, selanjutnya tim Bea dan Cukai menghubungi Unit 2 Subdit 3 Ditresnarkoba untuk dilakukan penyelidikan, dengan mengawal pengiriman paket barang reture ke pihak penjual atau pengirim,'' tutur Zulpan.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Hotman Paris Siap Jadi Pengacara Karyawan Alfamart

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:04 WIB

LPSK Nyatakan Tak Bisa Lindungi Putri Candrawathi

Minggu, 14 Agustus 2022 | 06:15 WIB
X