Komnas HAM Periksa Ajudan Ajudan Kadiv Propam Polri. Apa Saja Materinya?

- Selasa, 26 Juli 2022 | 21:20 WIB
Datang Belakangan, Bharada E Akhirnya Diperiksa Komnas HAM (IST)
Datang Belakangan, Bharada E Akhirnya Diperiksa Komnas HAM (IST)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.comKomnas HAM, Selasa, 26 Juli 2022, memeriksa sebanyak enam ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Kantor Komnas HAM, terkait kematian Brigadir J. Namun Bharada E sempat terlambat datang.

"Ada lima ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo yang memenuhi panggilan pemeriksaan," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Jakarta, Selasa, 26 Juli 2022, seperti dikutip Antara, sebelum Bharada E datang.

Ahmad Taufan menjelaskan, sebenarnya pihaknya memanggil tujuh orang ajudan untuk dimintai keterangan oleh Komnas HAM.

Baca Juga: Bharada E Mulai 'Bernyanyi' Soal Tewasnya Brigadir J ke Komnas HAM, Apa Isinya?

Pihak Komnas HAM sempat was-was karena Bharada E sebagai saksi kunci datang terlambat. Banyak yang mengira Bharada E tidak akan hadir, namun nyatanya saksi kunci aksi tembak menembak yang berujung twasnya Brigadir J itu akhirnya datang.

Ajudan Ferdy Sambo, termasuk Bharada E yang disebut terlibat baku tembak dengan Brigadir J, diperiksa secara terpisah. Mereka ditanyain dengan pertanyaan yang sama untuk mencari kebenaran.

Terpisah, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam membeberkan hasil pemeriksaan para ajudan tersebut.

"Kami juga menanyakan soal bagaimana sequence (urutan), hubungan ajudan satu dengan yang lain, termasuk juga karakter masing-masing," kata Choirul Anam.

"Kepada masing-masing orang itu, kami tanya dengan pertanyaan yang sama. Pertanyaan yang sama ini untuk melihat sebenarnya apa yang sebenarnya terjadi, apa yang terjadi di sequence itu," tambahnya.

Baca Juga: CCTV di Rumah Kadiv Propam Polri Ditemukan. Kadiv Humas: Nanti Dibuka ke Publik

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X