KPK Tangkap Tersangka Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Dua Ditahan, Satu Buron

- Kamis, 21 Juli 2022 | 23:28 WIB
Ilustrasi KPK
Ilustrasi KPK

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus korupsi pada pembangunan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke Penyidikan, dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, di kantornya, Jakarta, Kamis, 21 Juli 2022.

Ketiga tersangka yang diumumkan itu adalah Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Yogyakarta, Edy Wahyudi; Direktur Utama PT Arsigraphi, Sugiharto; dan Dirut PT Permata Nirwana Nusantara, Heri Sukamto.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Pengusutan Kasus Tewasnya Brigadir J Transparan, agar Tak Mengundang Keraguan Masyarakat

Para tersangka dijerat melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

KPK langsung menahan Edy dan Sugiharto untuk 20 hari pertama usai pengumuman. Edy ditahan di Rumah Tahanan KPK kavling C1 Gedung ACLC, sedangkan Sugiharto ditahan di Rutan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur.

KPK belum menahan Heri, karena dia tidak hadir dalam pemanggilan hari ini. “KPK mengimbau untuk kooperatif hadir pada pemanggilan berikutnya yang akan segera dikirimkan oleh Tim Penyidik,” kata Alex.

KPK menjelaskan, kasus ini bermula ketika Balai Pemuda dan Olahraga di Dinas Pendidikan Yogyakarta mengusulkan renovasi stadion pada 2012 dan disetujui.

Edy selaku pejabat pembuat komitmen di Balai Pemuda diduga menunjuk langsung Sugiharto (PT Arsigraphi) untuk menyusun rencana renovasi. Salah satunya dengan menetapkan nilai anggaran proyek.

Atas penunjukkan ini, Sugiharto lalu menyusun anggaran yang dibutuhkan sebanyak Rp 135 miliar untuk masa 5 tahun.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X