Hujan Sejak Jumat membuat Banjir di Sejumlah Wilayah di Garut Jawa Barat

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:20 WIB
ilustrasi banjir garut
ilustrasi banjir garut

GARUT, suaramerdeka-wawasan.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Garut sejak Jumat, 15 Juli 2022, sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilanda banjir.

Hingga Sabtu, 16 Juli 2022, pagi ini, hujan dilaporkan masih mengguyur sebagian besar wilayah Garut, terutama daerah perkotaan seperti Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, dan kecamatan lainnya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada Antara membenarkan wilayah Garut dilanda banjir di sejumlah daerah, terutama di Kecamatan Garut Kota dan Tarogong Kidul.

Baca Juga: Usai Diterjang Banjir Bandang, Menyisakan Lumpur Setinggi 30 Cm di Dua Desa Kecamatan Margoyoso Pati

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Dua Desa di Margoyoso Pati, 22 Rumah Warga Hanyut

"Intensitas hujan yang sangat tinggi, sempat membuat sungai meluap tapi sekarang luapan sungai sudah turun," kata Helmi.

Ia menyampaikan bencana banjir merendam pemukiman warga seperti di daerah Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, kemudian kawasan pemukiman di Ciwalen, dan Cimaragas, Kecamatan Garut Kota.

Pemkab Garut, kata Helmi, sudah menerjunkan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait lainnya untuk menanggulangi daerah yang terdampak banjir.

"Saya sudah kontak BPBD segera turun ke lapangan dan seluruh masyarakat, terutama untuk menyelamatkan jiwa," katanya.

Ia menyampaikan, petugas yang turun di lapangan sudah berupaya membantu evakuasi masyarakat untuk menghindari dampak buruk dari bencana tersebut. Ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X