Kasus Penembakan Ajudan Kadiv Propam Polri: Komnas HAM akan Panggil Semua Pihak Terkait

- Kamis, 14 Juli 2022 | 23:58 WIB
Anggota Komnas HAM M. Choirul Anam (kanan) dan Beka Ulung Hapsara (kiri).  (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Anggota Komnas HAM M. Choirul Anam (kanan) dan Beka Ulung Hapsara (kiri). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.comKomnas HAM berencana akan memanggil semua pihak terkait kasus baku tembak antarajudan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, yang menewaskan Brigadir J untuk mengumpulkan data dan informasi guna mengungkap kasusnya.

Anam menegaskan, Komnas HAM mendukung langkah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang melibatkan atau mengajak lembaga HAM itu untuk mengungkap kasus baku tembak antaranggota polisi tersebut.

Lebih jauh, Anam menjelaskan, Komnas HAM tidak hanya memintai keterangan dari pihak-pihak terkait, pihaknya juga akan mengumpulkan semua barang bukti dari kasus ini.

Baca Juga: Kasus Penembakan Ajudan Kadiv Propam Polri: Komnas Ham Tegaskan Bekerja Independen

"Seperti kasus-kasus lainnya, semua pihak akan dimintai keterangan. Selain itu, barang bukti yang terkumpul nantinya digunakan sebagai pendukung pengungkapan kasus," kata anggota Komnas HAM Mohammad Choirul Anam di Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022, seperti dikutip Antara.

Pemanggilan itu, kata dia, merupakan bagian dari hak semua pihak yang masuk dalam peristiwa tersebut. Oleh karena itu, prinsip imparsialitas akan dikedepankan oleh Komnas HAM.

"Komnas HAM juga akan melihat langsung semua tempat atau lokasi yang dibutuhkan," ujarnya.

Komnas HAM juga telah memiliki pengalaman dalam mengungkap kasus-kasus besar, misalnya kasus kematian Pendeta Yeremia, KM 50, dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Baca Juga: Kasus Penembakan Ajudan Kadiv Propam Polri: Malam Ini Tim Khusus Temui Komnas HAM

Anam berharap, hasil temuan Komnas HAM nanti, diharapkan dapat membantu polisi untuk mengusut tuntas kematian Brigadir J hingga menjadi lebih jelas.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X