Jemaah Haji Indonesia Pulang ke Tanah Air Harus Terapkan Prokes, Begitu Pula yang Menjemput

- Selasa, 12 Juli 2022 | 12:12 WIB
Ilustrasi jemaah haji di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. /Dok Istimewa/
Ilustrasi jemaah haji di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kasubbid Dukkes Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander K Ginting berharap, para jemaah haji Indonesia selama perjalanan pulang ke Tanah Air, agar tetap menjaga protokol kesehatan.

''Protokol kesehatan agar bisa diterapkan dari mulai saat keberangkatan sampai nanti dia tiba kembali di Indonesia,'' kata Alex, dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertema 'Prokes Kepulangan Jemaah Haji' pada Senin, 11 Juli 2022.

Alex pun meminta, para tim kesehatan serta crew pesawat untuk bertindak sebagai Satgas Covid 19 selama perjalanan berlangsung, untuk meminimalisir risiko penularan Covid 19.

Baca Juga: Dari Pengacara ke Pengacara, Iqklima Kim Ternyata Sempat Ditawari Jadi Istri Kedelapan Razman Arif

''Satgas akan menerapkan protokol kesehatan selama penerbangan, termasuk soal makan minum. Kalau ada jemaah haji batuk-batuk, maka harus pakai masker, mengurangi berbicara antara sesama jemaah dan lain-lain,'' jelasnya.

Menurut Alex, meski pesawat dilengkapi hepafilter yang dapat menjamin tidak terjadinya penularan virus yang masif, namun protokol kesehatan harus dilakukan demi melakukan meminimalisir risiko.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi membuka pintu gerbang pelaksanaan ibadah haji 2022 bagi 1 juta orang dari seluruh dunia, termasuk Indonesia yang mendapatkan kuota haji sebesar 100.051 orang.

Baca Juga: Pengemudi Truk Tronton Mengaku Ngantuk, Sasak Rumah Warga di Jalur Pantura Kudus

Namun, mengingat pelaksanaan haji tahun ini masih dalam masa pandemi, Arab Saudi bahkan melaporkan penambahan ratusan kasus harian dalam beberapa hari terakhir yang mengalami peningkatan.

Lebih lanjut Alex mengatakan, pihaknya telah memastikan seluruh stakeholder terkait untuk melakukan sejumlah langkah antisipatif, guna membendung lonjakan kasus Covid 19, akibat kepulangan para jemaah haji dari Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X