Tarif Perpanjangan Izin Tinggal di Indonesia bagi WNA Naik, Begini Penjelasannya

- Rabu, 22 Juni 2022 | 23:08 WIB
Ilustrasi paspor. /Pixabay/
Ilustrasi paspor. /Pixabay/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen Imigrasi Kemenkumham) menaikkan tarif perpanjangan izin tinggal kunjungan bagi warga negara asing (WNA) di Indonesia.

Sebelumnya, WNA dikenakan biaya Rp500 ribu untuk 30 hari, kini menjadi Rp2 juta untuk 60 hari.

Kebijakan perubahan tarif menjadi Rp2 juta untuk 60 hari tersebut, dilakukan setelah pandemi Covid 19 di Jakarta mereda.

Baca Juga: Ronaldinho Akan Perkuat Rans Nusantara FC, Tantang Arema FC dan Persik Kediri di Laga Trofeo

Sejumlah 100 penjamin orang asing, perusahaan serta pemangku kepentingan terkait tenaga kerja asing baru, mendapatkan sosialisasi perubahan tarif perpanjangan izin tinggal kunjungan orang asing di Jakarta Utara (Jakut).

''Semoga apa yang disampaikan ini bisa diketahui oleh seluruh masyarakat dan tentunya ini juga menjadikan hal-hal yang terbaik bagi kemajuan Indonesia yang lebih baik,

sebagaimana diamanahkan Menteri Hukum dan HAM,'' ujar Direktur Izin Tinggal Keimigrasian Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Pramella Yunidar Pasaribu pada Rabu, 22 Juni 2022, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Persis Solo Kalah di Derby Jateng Diejek Seperti MU, Kaesang Tak Marah: Lucu

Selama 2,5 tahun Pandemi Covid-19, Pramella mengakui pelayanan terkait orang asing sangat minim. Padahal, katanya lagi, ada layanan keimigrasian baru yang menjadi amanat dari Undang-undang Cipta Kerja dan harus disosialisasikan tarifnya kepada masyarakat.

''Ini ada perubahan tarif, nah perubahan tarif ini yang harus diketahui oleh masyarakat,'' kata Pramella.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X