Kasus Corona di Indonesia Meningkat Lagi, Satgas Covid 19 Belum Dapat Simpulkan Penyebabnya

- Selasa, 14 Juni 2022 | 18:02 WIB
Ilustrasi Covid 19. /Pixabay/
Ilustrasi Covid 19. /Pixabay/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19, belum bisa memastikan penyebab utama peningkatan kasus positif yang terpapar virus Corona di Indonesia dalam beberapa hari terakhir ini.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Wiku Adisasmito mengatakan, ada beberapa indikator yang bisa dicurigai menjadi penyebab peningkatan kasus, seperti meningkatnya mobilitas masyarakat.

''Sampai saat ini belum dapat disimpulkan penyebab pasti kenaikan kenaikan kasus positif dan kasus aktif, namun beberapa potensi penyebab dapat diidentifikasi seperti mobilitas penduduk yang terus meningkat,'' jelas Wiku dalam keterangan pers, Selasa, 14 Juni 2022.

Baca Juga: Dinar Candy Kalah Tinju Tetap Merasa Senang, Menang Uang dan Mobil Sport Mewah

Selain itu, kata Wiku lagi, terkendalinya kasus Covid 19 juga mengakibatkan masyarakat aman dan lengah pada protokol kesehatan, padahal pandemi Covid 19 masih berlangsung.

''Melandainya kasus Covid 19 dapat berpotensi meningkatkan interaksi antar masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya,'' tandasnya.

Kemudian, sambungnya, peningkatan kasus Covid 19 juga bisa diindikasikan dari kegiatan-kegiatan yang berskala besar yang luput dari pengawasan protokol kesehatan.

Baca Juga: Menteri Pendidikan Khilafatul Muslimin Ditangkap, Polisi Segera Beberkan 30 Sekolah yang Terafiliasi

''Berikutnya, kedisiplinan protokol kesehatan masyarakat yang mulai terlihat longgar seiring dengan melandainya kasus, penggunaan masker sudah mulai longgar dan tidak sedisiplin saat kasus mengalami peningkatan yang lalu,'' tutur Wiku.

Seperti diketahui, Satgas mencatat kasus positif Covid 19 di Indonesia kembali bertambah sebanyak 930 orang pada Selasa, 14 Juni 2022, sehingga total kasus positif Covid 19 mencapai 6.062.009 orang.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X