Kejagung Terapkan Terobosan Hukum Dalam Menangani Skandal Impor Emas Rp 47,1 Triliun

- Selasa, 15 Juni 2021 | 09:19 WIB
ilustrasi impor emas. Republika co.id
ilustrasi impor emas. Republika co.id

JAKARTA,suaramerdeka-wawasan.com-Dugaan skandal impor emas senilai Rp 47,1 triliun melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangeran, Banten, agar dibongkar. Bahkan DPR minta dengan tegas agar Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap tuntas dan meringkus pelakunya.

Sementara, Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung), Ali Mukartono mengakui lembaganya kesulitan untuk menerapkan Undang-undang Tipikor dalam skandal impor emas di Bandara Soekarno Hatta yang diduga melibatkan petinggi Bea dan Cukai.

"Kasus ekspor-impor itu melanggar UU Kepabeanan.Oleh karena itu, di dalam saya memproses, seperti bea cukai, saya harus memutar," kata Ali.

Baca Juga: Menghadapi Perubahan Suhu, Kemenkeu : Perlu Dilakukan Gotong Royong Semua Pihak

Namun Ali mengatakan, pihaknya akan mencoba membuat terobosan hukum baru dan berinovasi dalam menangani perkara tersebut.

Sedangkan Politisi PDIP, Arteria Dahlan berteriak minta Kejaksaan Agung mengungkap dalam impor emas senilai Rp47,1 triliun.

Seperti diberitakan Antara News, Anggota Komisi III DPR ini mengatakan ada dugaan skandal impor emas senilai Rp 47,1 triliun melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangeran, Banten.
Arteria Dahlan tegas meminta Kejaksaan Agung mengusut tuntas skandal tersebut. Dia menyebut potensi kerugian negara atas tindakan tersebut bisa mencapat Rp2,9 triliun.

"Ini bukan uang kecil pada saat kita lagi susah," tuturnya, saat rapat kerja bersama Jaksa Agung, ST Burhanuddin, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin, 14 Juni 2021.

Jelas Arteria, bahwa importasi emas itu dikenakan bea masuk 0 persen. Jika dilakukan secara legas, kata dia, seharusnya dikenakan bea masuk lima persen.

"Ini terkait impor emas senilai Rp 47,1 triliun. Ada indikasi ini perbuatan manipulasi pemalsuan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X