Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Listrik di KIT Batang Jateng, Serap Karyawan 20 Ribu Orang

- Rabu, 8 Juni 2022 | 15:13 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik bateri listrik di KIT Batang, Jateng, Rabu, 8 Juni 2022. /Dok Istimewa/
Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik bateri listrik di KIT Batang, Jateng, Rabu, 8 Juni 2022. /Dok Istimewa/

BATANG, suaramerdeka-wawasan.com - Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi tahap kedua pembangunan industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu, 8 Juni 2022.

''Saya senang pagi hari ini bahwa tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi telah mulai berjalan,'' kata Presiden Jokowi pada Rabu, 8 Juni 2022 dikutip dari Antara.

Menurut Jokowi, industri baterai listrik yang dibangun berkat investasi perusahaan Korea Selatan LG tersebut, merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

Baca Juga: Saksi Kasus Ekspor Minyak Goreng Bertambah, Jampidsus Kejagung RI Periksa Dua Pejabat Kemendag

''Dimulai dari penambangan nikel, smelter, pabrik prekusor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, battery pack, hingga mobil listrik,

masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. Dari hulu sampai ke hilir, end to end, semuanya dikerjakan dalam investasi ini,'' katanya.

Lebih jauh Presiden juga mengaku, senang bagaimana investasi hulu ke hilir itu tersebar di beberapa kawasan di Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Diyakini Masuk Fase Endemi, Prof Zubairi: Harus Waspada, Covid 19 Tetap Ada di Sekitar Kita

Ia menjelaskan, untuk pertambahan dan peleburan nikelnya berlokasi di Halmahera, Maluku Utara, sedang KIT Batang menjadi lokasi berdiri industri pemurnian, industri prekusor, dan industri katoda.

''Kemudian pabrik baterai sedang juga dibangun di Karawang dan pabrik mobil listriknya ada di Cikarang. Ini sangat baik, tidak hanya di Jawa, di luar Jawa juga dibangun investasinya,'' jelas Jokowi.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

5 Sepatu Converse Original Paling Keren

Jumat, 16 Desember 2022 | 13:20 WIB

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X