Pemimpin Khilafatul Muslimin Ditangkap, Abdul Qadir Hasan Baraja Pernah Terlibat Kasus Bom Candi Borobudur

- Selasa, 7 Juni 2022 | 11:40 WIB
Pemimpin Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja, ditangkap Tim Ditkrimum Polda Metro Jaya di Lampung. /Dok Istimewa/
Pemimpin Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja, ditangkap Tim Ditkrimum Polda Metro Jaya di Lampung. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja, yang ditangkap Polda Metro Jaya ternyata merupakan mantan napi terorisme, yang pernah terlibat kasus bom di Candi Borobudur.

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen R Ahmad Nurwakhid, menyebutkan, Abdul Qadir sudah dua kali ditahan atas kasus terorisme.

Pertama, kata Nurwakhid, pada Januari 1979 Abdul Qadir Hasan Baraja terkait teror Warman, sedang yang kedua ditahan atas kasus bom di Jawa Timur dan Borobudur pada awal tahun 1985.

Baca Juga: Kelompok Khilafatul Muslimin juga Berkasus di Brebes Jateng, Beberapa Orang Sudah Ditetapkan Tersangka

''Secara historis, pendiri gerakan ini sangat dekat dengan kelompok radikal seperti NII (Negara Islam Indonesia), MMI (Majelis Mujahidin Indonesia) dan memiliki rekam jejak dalam kasus terorisme,'' jelas Nurwakhid dalam keterangannya, Selasa, 31 Mei 2022 lalu.

Nurwakhid mengungkapkan, bahwa genealogi Khilafatul Muslimin itu sendiri sejatinya tidak bisa dilepaskan dari NII, sebab sebagian besar tokoh kunci dalam gerakan tersebut merupakan mantan NII.

''Pendiri dan pemimpinnya adalah Abdul Qadir Hasan Baraja mantan anggota NII sekaligus salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bersama Abu Bakar Baasir (ABB) dan lainya, serta ikut ambil bagian dalam Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) tahun 2000,'' ungkap Nurwakhid dikutip dari suara.com.

Baca Juga: Naik ke Candi Borobodur Bayar Rp750 Ribu, Biksu Pannyavaro: Rakyat Kecil sampai Mati pun Belum Tentu Mampu

Kini, Abdul Qadir Baraja ditangkap lagi di Lampung terkait dengan aksi konvoi pemotor beratribut Khilafah di Cawang, Jakarta Timur, akhir pekan kemarin.

Aksi tersebut sempat terekam kamera, hingga videonya viral di media sosial.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X