Seluruh Wilayah di Indonesia Masuk PPKM Level 1, Kecuali Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat

- Selasa, 7 Juni 2022 | 10:28 WIB
Ilustrasi Covid 19. /Pixabay/
Ilustrasi Covid 19. /Pixabay/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Seluruh wilayah Indonesia masuk kategori PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 1, kecuali satu daerah yang berstatus level 2 yaitu Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Demikian penjelasan Dirjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal, melalui pesan elektronik di Jakarta pada Selasa, 7 Juni 2022.

''Situasi penanggulangan Covid 19 di Indonesia menunjukkan kondisi yang semakin membaik, tercantum pemberlakuan PPKM melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 untuk Pengaturan PPKM di Jawa-Bali,'' jelasnya.

Baca Juga: Naik ke Candi Borobodur Bayar Rp750 Ribu, Biksu Pannyavaro: Rakyat Kecil sampai Mati pun Belum Tentu Mampu

Ia mengatakan, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2022 untuk Pengaturan PPKM di luar Jawa Bali, yang akan berlaku mulai 7 Juni 2022 hingga 4 Juli 2022.

''Kita patut bersyukur setelah lebih dari 2 tahun berjibaku dengan penanggulangan Covid 19, di perpanjangan Inmendagri kali ini kita lihat

kondisinya semakin membaik. Seluruh daerah (128 kabupaten/kota) di Jawa-Bali berada di PPKM level 1,'' ungkap Safrizal.

Baca Juga: Buntut Ambruknya Wahana Permainan Ontang Anting, Pengelola Diamankan Polisi dan Pasar Malam Ditutup

Lebih lanjut Safrizal menjelaskan, bahwa asesmen pemerintah daerah dalam perpanjangan PPKM kali ini, dilakukan dengan menggunakan indikator transmisi komunitas.

Indikator tersebut, tambahnya, penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid 19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X