Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat Kian Menurun, Megawati: Bangsa Ini Harus Diajari Lagi

- Rabu, 1 Juni 2022 | 15:35 WIB
Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri. /Dok Istimewa/
Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri menyatakan, nilai-nilai berbangsa dan bernegara yang terkandung dalam Pancasila di masyarakat, saat ini semakin menurun.

Megawati mengatakan, hal itu menjadi salah satu alasan mengapa dirinya pada 2016 meminta Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan keputusan presiden untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan tanggal pidato Presiden Soekarno, yang berpidato di Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yakni pada 1 Juni 1945.

Baca Juga: Aset Berupa Uang Rp20 Miliar Milik Tersangka Korupsi PT Asabri, Disita Jampidsus Kejagung

''Saya mengatakan kepada beliau, sekarang ini kelihatannya kok negara kita menuju mencapai kemerdekaan sudah 77 tahun, rela perjuangan dan semangat kita kok kelihatannya menurun,

sepertinya kita tidak merasakan sebuah getaran yang mengikat kita sebagai warga bangsa,'' kata Megawati, dalam Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) pada Rabu, 1 Juni 2022.

Megawati menjelaskan, dengan peringatan Hari Lahir Pancasila itu, bangsa Indonesia bisa terus belajar, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar negara.

Baca Juga: Sempat Viral di Medsos, Perampas Telepon Genggam Siswi SD di Kota Semarang Berhasil Dibekuk Polisi

''Saya juga minta kepada Pak Jokowi sebagai ketua Dewan Pengarah BPIP, bangsa ini harus diajari lagi, karena sudah mengalami reduksi, degradasi rasa kebangsaan akibat peristiwa tahun 65 itu,

sangat jelas sepertinya Pancasila itu dikaburkan, sehingga membicarakan Pancasila sepertinya itu seperti menjadi rasa takutnya ada, aneh buat saya,'' ucapnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X