BNPT Bongkar Pendanaan Jaringan Teroris, Ternyata Berasal dari Lima Sumber

- Kamis, 12 Mei 2022 | 19:53 WIB
Ilustrasi teroris. /Pixabay/
Ilustrasi teroris. /Pixabay/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) membongkar pendanaan jaringan teroris, yang ternyata berasal dari lima sumber.

Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid mengatakan, lima sumber pendanaan teroris itu meliputi dana infak, penggalangan kotak amal hingga pendanaan dari internasional.

''Secara umum, ada beberapa sumber pendanaan teroris, yakni melalui dana infak, penggalangan kotak amal, fa'i atau harta rampasan perang, mafia, dan pendanaan dari internasional,'' ungkap Ahmad Nurwakhid di Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.

Baca Juga: Temukan Sapi dan Kambing Bergejala PMK, Dispertan Kota Semarang Akan Segera Cek di Laboratorium

Nurwakhid menjelaskan, pendanaan melalui dana infak biasa dilakukan di antara mereka, yang terlibat dalam suatu kelompok teroris ataupun antarkelompok teroris.

Sedangkan kotak amal, menurut dia, dilakukan melalui manipulasi dana tanggung jawab sosial perusahaan.

Ia juga mengatakan, fa'i atau harta rampasan perang dapat menjadi sumber pendanaan teroris.

Baca Juga: Selama Lebaran 2022, Terjadi Peningkatan Penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang

Hal ini, katanya lagi, terjadi setelah mereka terpapar terorisme dan menganggap negara yang diperangi adalah negara thaughut, atau negara dengan para penduduk yang menyembah selain Allah SWT.

''Mereka menganggap negara ini negara thaughut, dan pihak yang lain dianggap sebagai kafir, karena ideologi mereka takfiri, sehingga menghalalkan tindakan merampas harta orang-orang yang dianggap kafir,'' ungkapnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X