Dibanding Sebelum Pandemi, Lebaran 2022 Catat Rekor Arus Balik Lalin Tertinggi di Jalan Tol

- Minggu, 8 Mei 2022 | 18:17 WIB
Kepadatan kendaraan di gerbang Tol Cikampek. /Dok Istimewa/
Kepadatan kendaraan di gerbang Tol Cikampek. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Lebaran 2022 mencatat rekor arus balik lalu lintas (lalin) tertinggi di jalan tol melampaui pada tahun-tahun sebelumnya.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, tercatat jumlah kendaraan mencapai 170.078, hingga melampaui rekor tertinggi sebelum pandemi pada tahun 2019 yakni 166.444 kendaraan.

''Rekor arus balik tertinggi di sepanjang sejarah jalan tol di Indonesia kembali terjadi pada Sabtu, 7 Mei 2022, atau H+4 arus balik Lebaran 2022 ini,'' ungkap Dwimawan Heru dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu, 8 Mei 2022.

Baca Juga: Remas Payudara Pegawai Bank saat Tawarkan Produk, Mahasiswa PTN di Kota Semarang Diamankan Polisi

Menurut dia, volume lalu lintas kembali ke Jabotabek dari arah Timur (Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon, dan Bandung) mencapai 170.078 kendaraan.

Ia mengatakan, jumlah tersebut naik 159 persen dari angka lalu lintas (lalin) normal pada 2021.

Bahkan, tambahnya, mengalahkan rekor tertinggi sebelum pandemi, yang terjadi pada Lebaran 2019 sebesar 166.444 kendaraan atau naik 2,2 persen.

Baca Juga: Penganiaya Korban hingga Meninggal Dunia, Pelaku Kakinya Didor Tim Resmob Polrestabes Semarang

''Lalin mudik dari arah timur merupakan lalin kumulatif arus balik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui dua gerbang tol,'' katanya.

Gerbang Tol (GT) tersebut, tambahnya, yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X