Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1443 Hijriyah, Diadakan Minggu, 1 Mei 2022

- Senin, 18 April 2022 | 22:35 WIB
Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. (kemenag.gi.id)
Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. (kemenag.gi.id)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1443 Hijriah atau tahun 2022 akan digelar Minggu, 1 Mei 2022. Demikian disampaikan Kementerian Agama, Senin, 18 April 2022.

Sidang isbat, jelas keterangan itu, akan didahului dengan pemantauan (rukyatul) hilal di 99 titik yang dilakukan oleh Kemenag baik pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

"Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag kabupaten/kota, bekerja sama dengan peradilan agama dan Ormas Islam serta instansi lain," ujar Dirjen Binmas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Baca Juga: Sambut Para Pemudik Lebaran, Pemerintah Kota Semarang Siapkan Pelayanan Kesehatan Terbaik

Sidang isbat awal Syawal 1443 H akan dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kemudian juga hadir dari Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, lembaga dan instansi terkait, anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama dan pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam dan pondok pesantren.

"Sidang akan digelar secara hibrida, yakni daring dan luring. Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian mengikuti secara daring melalui zoom meeting," ujar Kamaruddin.

Kamaruddin menambahkan, sidang isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Minggu, 1 Mei 2022, atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H. Sementara awal Syawal 1443 H menunggu hasil rukyatul hilal.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Acara Halalbihalal dengan Prokes Ketat, Tanpa Makan dan Minum. Lho?

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X