Demo Mahasiswa di Gedung DPR RI Berakhir Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

- Selasa, 12 April 2022 | 00:37 WIB
Sejumlah spanduk yang dipasang di pagar gedung DPR RI
Sejumlah spanduk yang dipasang di pagar gedung DPR RI

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Ribuan mahasiswa Senin, 11 April 2022 siang menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Mereka menyuarakan tuntutan mereka, yang salah satunya menolak wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo dan penundaan pemilu.

Bukan saja di depan gedung DPR, demo juga digelar mahasiswa di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Yang menarik massa demonstran di Patung Kuda ini awalnya mayoritas. Mereka meminta Presiden Jokowi mundur hingga Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dipecat.

Baca Juga: Mahasiswa Aliansi Semarang Tolak Penundaan Pemilu Serta Tuntaskan Masalah Minyak Goreng

Aksi massa di Gedung DPR RI sendiri sebelumnya berkumpul di Jalan Gerbang Pemuda, di depan Gedung TVRI, Jakarta Pusat. Mereka berjalan beriringan sembari menyuarakan permintaan mereka.

Sementara itu, sejumlah aparat kepolisian tampak mengawal massa di sekitar kawasan Gedung DPR. Pihak kepolisian juga mengatur rekayasa lalu lintas

Masing-masing aliansi mahasiswa mengibarkan bendera organisasinya masing-masing. Beberapa peserta aksi langsung memanjat gerbang dan memasang beberapa lembar spanduk yang berisi tuntutan mereka.

Diantara spanduk tuntutan mereka adalah: "Masa jabatan itu bukan sembako yang terus naik" "#OnlyFans cepat, mafia minyak lama"

Koordinator aksi kemudian mengatur agar peserta perempuan memosisikan diri di tengah, dan peserta laki-laki diminta menjadi perisai massa. Di tengah kerumunan, enam mahasiswa dengan berbagai warna almamater berdiri di atas mobil dan bersiap menyampaikan orasi.

Saat orasi di awal-awal kondisi aksi demo berjalan kondusif. Apalagi setelah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco, Lodewijk Freidrich Paulus, dan Rahmat Gobel menemuni massa.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X