Kemenang Tegaskan Tak Mengundang Ketua Tapi Mengundang Ahlinya Muhammadiyah

- Senin, 4 April 2022 | 23:11 WIB
Sidang Isbat penentuan Awal Ramadan yang diadakan Kemenag (kemenag.go.id)
Sidang Isbat penentuan Awal Ramadan yang diadakan Kemenag (kemenag.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengakui memang tidak mengundang Ketua PP Muhammadiyah dalam Sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadan. Namun Kemenag menegaskan telah bersurat dengan ahli falak perwakilan ormas tersebut.

Seperti dikutip CNNIndonesia.com, Senin, 04 April 2022, pernyataan itu disampiakan Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. Menurut Amin, surat undangan Sidang Isbat memang tidak ditujukan kepada ketua Ormas.

"Ya memang undangannya bukan kepada ketua Ormas, tetapi undangannya kepada tim yang sudah diutus oleh Ormas," kata Amin.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Merasa Tidak Diundang Sidang Isbat oleh Kemenag

Baca Juga: Sesuai Hasil Sidang Isbat, Menang Berharap Umat Islam Awal Puasanya Bareng Minggu, 3 April 2022

Dan Amin menuturkan, setiap Ormas memiliki ahli yang diutus sebagai perwakilan untuk menjadi anggota tim tersebut.

Dalam hal ini, menurut Amin, Muhammadiyah ada KH Dr Sriyatin Siddiq yang juga anggota Tim Falakiyah Kemenag. Sriyatin, katanya, bahkan memiliki surat tugas dari Majelis Tarjih Muhammadiyah agar menjadi anggota tim tersebut.

"Kiai Sriyatin itu ada surat tugasnya beliau itu diutus oleh Majelis Tarjih Muhammadiyah," ujar Amin.

Menurutnya, sebagaimana tidak mengundang PP Muhammadiyah, Kemenag juga tidak mengundang pimpinan Ormas Islam lain seperti Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Undangan ditujukan kepada utusan resmi Ormas tersebut di Tim Falakiyah.

"NU juga begitu, jadi bukan Ketua PBNU yang diundang, bukan ketua PP Muhammadiyah yang diundang tapi Tim Falakiyah yang merupakan anggota perwakilan resmi dari masing-masing Ormas," jelas Amin.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X