Sesuai Hasil Sidang Isbat, Menang Berharap Umat Islam Awal Puasanya Bareng Minggu, 3 April 2022

- Sabtu, 2 April 2022 | 00:29 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Instagram/ @gusyaqut)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Instagram/ @gusyaqut)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Pemerintah memutuskan bahwa Ramadan tahun ini jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022. Keputusan ini diambil setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat pada Jumat, 1 April 2022.

"Secara mufakat bahwa 1 Ramadan tahun 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022 Masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, membacakan keputusan sidang isbat yang disiarkan secara virtual

Menag mengatakan bahwa semua tim pemantauan hilal tak melihat posisi hilal. Sehingga secara mufakat 1 Ramadan jatuh hari Minggu 3 April 2022.

Baca Juga: Gempa Dengan Mangitudo 5 terjadi di Banten

Menag berharap ini bisa menjadi cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia. Dia mengajak seluruh anak bangsa membawa kemajuan bagi Indonesia.

"Seluruh umat Islam bisa menjalankan puasa bersama-sama dan ini menjadi simbol kebersamaan dan menatap masa depan bangsa ini jauh lebih baik," kata dia.

"Mudah-mudahan ini adalah simbol sekaligus cerminan kebersamaan umat Islam Indonesia sebagai sesama anak bangsa untuk menatap masa depan Indonesia dan bangsa ini menjadi jauh lebih baik," kata Menag Yaqut.

Dalam Sidang Isbat, Jumat, 1 Aril 2022, Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag melaporkan bahwa hasil pemantauan hilal awal 1 Ramadan 1443H belum terlihat pada sore ini.

"Tinggi Bulan untuk wilayah Jakarta hanya 1 derajat 42 menit kurang dari dua derajat. Ini kurang dari kriteria yang lama. Kriteria yang lama pun masih kurang," kata Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Thomas Djamaluddin.

Padahal, kata Thomas, jika mengacu pada kriteria baru penentuan awal bulan Hijriyah atas hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) pada 2021 lalu dinyatakan, bahwa ketentuan ketinggian hilal adalah 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X