Upaya Tekan Angka Kematian, Masyarakat yang Terpapar Covid 19 Diminta Segera Lakukan Pemeriksaan Medis

- Selasa, 8 Maret 2022 | 22:31 WIB
Juru Bicara Satgas Covid 19, Wiku Adisasmito. /Dok Istimewa/
Juru Bicara Satgas Covid 19, Wiku Adisasmito. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Juru bicara Satgas (Satuan Tugas) Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia masih berupaya menekan angka kematian akibat Covid-19 sebagai proses adaptasi dengan pandemi.

''Ingat, dalam upaya adaptasi penanganan Covid-19 di Indonesia kita tidak mentolerir kasus kematian sedikitpun,'' ungkap Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring di Jakarta pada Selasa, 8 Maret 2022.

Ia pun meminta masyarakat yang terpapar untuk segera melakukan pemeriksaan medis, baik tanpa gejala atau gejala ringan, guna mencegah kejadian perburukan klinis hingga kematian.

Baca Juga: Pengedar Tembakau Sintetis Dibekuk Satresnarkoba Polrestabes Semarang, Sasarannya Para Mahasiswa

Wiku menjelaskan, per tanggal 21-27 Februari 2022 terdapat sebanyak 1.708 kematian, namun angka kematian itu meningkat pada pekan ini menjadi 2.099 kematian.

Lebih lanjut dikatakan, dalam periode 21 Januari hingga 6 Maret 2022, sebanyak 51 persen dari 8.230 pasien yang meninggal di rumah sakit diidentifikasi memiliki komorbid.

Jumlah itu, tambahnya, sebanyak 56 persen di antaranya merupakan lansia, dan 70 persen lainnya belum divaksinasi lengkap.

Baca Juga: Sempat Tabrak Motor Petugas, Pemilik Tembakau Sintetis Akhirnya Dibekuk Resnarkoba Polres Grobogan

''Sangat penting melindungi lansia dan kelompok rentan dengan pengawasan protokol kesehatan dan meningkatkan cakupan vaksinasi dosis lengkap,'' tandasnya.

Menurutnya, dari data perkembangan Covid-19, perkembangan data kasus positif, kesembuhan, keterisian tempat tidur, serta cakupan vaksinasi di tingkat nasional, menjadi hal-hal yang dipertimbangkan untuk menilai kesiapan Indonesia menuju transisi dan adaptasi kegiatan masyarakat.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X