Polisi Temukan Ladang Ganja 6,28 Hektar di Aceh Utara, Sekitar 62.800 Batang Pohon Dimusnahkan

- Senin, 28 Februari 2022 | 11:45 WIB
Polisi musnahkan ladang ganja di Kabupaten Aceh Utara. /Dok Humas Polda Lampung/
Polisi musnahkan ladang ganja di Kabupaten Aceh Utara. /Dok Humas Polda Lampung/

BANDA ACEH, suaramerdeka-wawasan.com - Polisi memusnahkan sekitar 62.800 batang pohon ganja di pedalaman Desa Lhokdrien Dusun Uteu, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, pada Minggu, 27 Februari 2022.

Pohon ganja itu dimusnahkan oleh Satgas Siger Polda Lampung bersama Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh yang berhasil mengungkap adanya ladang ganja seluas 6,28 hektar di tempat tersebut.

''Benar ditemukan (lahan pohon ganja). Kami (Polda Aceh) membantu upaya pengungkapan kepada Tim Satgas Siger Polda,'' kata Direktur Narkoba Polda Aceh, Kombes Pol Ruddi Setiawan, Minggu, 27 Februari 2022.

Baca Juga: Anggota Wantimpres Jokowi, Raja Minyak Indonesia Arifin Panigoro Meninggal Dunia

Ruddi menjelaskan, pengungkapan ladang ganja ini melibatkan Polres Lhokseumawe, Ditjen Bea Cukai, Satbrimob Detasemen B Lhokseumawe serta Kodim 0103 Aceh Utara.

Ia mengatakan, pengungkapan ladang ganja juga turut hadir Direktur Narkoba Polda Lampung, Kombes Pol Aris Supriono; dan Direktur Reskrimum Polda Lampung, Kombes Pol Reynold EP Hutagalung.

Ruddi menyatakan, total berat ganja yang berhasil disita dalam pengungkapan ini mencapai 40,3 ton. Tanaman ganja tersebut, langsung dimusnahkan di ladang yang menjadi tempat penanaman.

Baca Juga: Situasi Buruk Akibat Perang Rusia vs Ukraina, Kemlu RI Berhasil Evakuasi 25 Orang WNI ke Rumania

Dikatakan, pengungkapan ladang ganja ini berawal dari informasi yang diterima Satgas Siger Polda Lampung. Dari informasi itu, sambungnya, diketahui terdapat tiga ladang ganja di lokasi pedalaman dengan medan lembah dan sungai.

Dari lokasi pertama, kata Ruddi, ditemukan 1,78 hektare ladang ganja. Sebanyak 17.800 batang pohon ganja dengan tinggi di atas 2 meter, dan total berat 17,8 ton berhasil diamankan di lokasi ini.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X