5.000 Lebih Warga Terdampak Gempa Bumi Pasaman Barat Ngungsi, Tercatat 7 Meninggal dan 85 Alami Luka

- Jumat, 25 Februari 2022 | 21:40 WIB
Warga Kabupaten Pasaman Barat terdampak gempa mengungsi di tenda darurat. /Dok Istimewa/
Warga Kabupaten Pasaman Barat terdampak gempa mengungsi di tenda darurat. /Dok Istimewa/

SIMPANG AMPEK, suaramerdeka-wawasan.com - Khawatir terjadi gempa bumi susulan, sekitar 5.000 orang lebih warga Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), terpaksa mengungsi pada Jumat sore, 25 Februari 2022.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan, warga diungsikan ke 35 titik lokasi pengungsian yang telah didirikan Tim BPBD Gabungan.

''Sebaran titik pengungsian di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman, dan Kinali. Hingga kini, petugas di lapangan masih mendata warga yang mengungsi,'' kata Abdul Muhari dalam keterangan persnya, Jumat, 25 Februari 2022.

Baca Juga: Diprediksi Ada Gempa Susulan di Kabupaten Pasaman Barat, hingga Kini Tercatat 2 Orang Meninggal dan 20 Luka

Menurut dia, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, para personel organisasi maupun relawan dan warga, masih memfokuskan pada pencarian, penyelamatan dan evakuasi, serta pelayanan kepada warga terdampak gempa bumi.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, sudah memerintahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB untuk melakukan kaji cepat situasi dan kebutuhan, serta memberikan pendampingan penanganan darurat di Pasaman Barat.

Ia mengatakan, bersama jajarannya akan meninjau lokasi terdampak, dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, untuk memastikan penanganan darurat berjalan efektif.

Baca Juga: Seiring Sulitnya Membeli Minyak Goreng Sesuai HET, Polisi Sidak Beberapa Swalayan di Kota Semarang

Dia menjelaskan, korban jiwa terdampak gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), kini berjumlah 7 orang. Data sementara itu, sambungnya, merupakan hasil data pemutakhiran Pusdalops BNPB pada pukul 16.30 WIB, Jumat, 25 Februari 2022.

Menurut Suharyanto, dari tujuh korban jiwa itu, 3 orang berada di Kabupaten Pasaman Barat dan 4 orang lainnya di Kabupaten Pasaman. Sedang , total korban luka-luka mencapai 85 orang.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X