Jadi Syarat Wajib Mengakses Layanan Publik, Puan Maharani Minta Layanan BPJS Kesehatan Ditingkatkan

- Kamis, 24 Februari 2022 | 23:51 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani. /Dok DPR RI/
Ketua DPR RI, Puan Maharani. /Dok DPR RI/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta kualitas layanan BPJS Kesehatan untuk ditingkatkan, sebelum menjadi syarat masyarakat dalam mengakses pelayanan publik.

''Perbaikan layanan BPJS Kesehatan adalah keharusan, agar masyarakat bisa menerima ketentuan baru ini,'' kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Kamis, 24 Februari 2022.

Seperti diketahui, BPJS Kesehatan menjadi syarat wajib bagi masyarakat untuk dapat mengakses sejumlah layanan publik.

Baca Juga: Bus AKAP dan AKDP Harus Masuk Terminal Mangkang Kota Semarang, Sejumlah Agen Ditertibkan Dishub dan Satpol PP

Hal ini tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diteken pada 6 Januari 2022.

Kepesertaan BPJS Kesehatan, diwajibkan untuk calon jamaah haji dan umrah, permohonan SIM, STNK, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Selain itu, juga untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), bahkan untuk jual beli tanah hingga pemohonan perizinan berusaha.

Baca Juga: Tiga Wartawan Gadungan Peras Toko Ritel, Dibekuk Polres Bantul Berikut Barang Buktinya

Puan yakin, apabila layanan BPJS semakin baik dan manfaatnya dirasakan masyarakat luas, polemik terkait BPJS Kesehatan sebagai syarat layanan publik pasti lambat laun akan mereda.

Puan menambahkan, optimalisasi kepesertaan BPJS menjadi kunci agar implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 dapat terealisasikan dengan baik.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X