Ritual di Pantai Payangan Jember saat Tengah Malam, 11 Orang Meninggal Terseret Ombak

- Minggu, 13 Februari 2022 | 22:34 WIB
Relawan mengevakuasi jenazah korban ritual di Pantai Payangan, Jember. /Dok Basarnas Jember/
Relawan mengevakuasi jenazah korban ritual di Pantai Payangan, Jember. /Dok Basarnas Jember/

JEMBER, suaramerdeka-wawasan.com - Sebanyak 11 orang ditemukan meninggal lantaran terseret ombak saat melakukan ritual di Pantai Payangan, Jember, pada Minggu, 13 Februari 2022.

Mereka yang meninggal terseret ombak itu, awalnya melakukan ritual bersama 23 orang lainnya yang merupakan jamaah Padepokan Tunggal Jati Nusantara.

Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Komang Yogi Arya Wiguna mengatakan, ritual dilaksanakan di Pantai Payangan mulai Sabtu malam, 12 Februari 2022 pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Ganjar Sambangi Desa Wadas Tanpa Kawalan, Warga Curhat Masih Takut Peristiwa Ditangkap Polisi

Menurut Komang Yogi, rombongan sebanyak 23 orang sebagian besar merupakan warga Desa Dukuh Mencek, Kecamatan Sukorambi, Jember itu naik bus engkel dengan nomor polisi DK-7526-VF.

''Setibanya di pantai Payangan, mereka mulai mendekati bibir pantai sambil menunggu hingga pukul 00.00 WIB,'' katanya dalam keterangan pers, Minggu, 13 Februari 2022.

Tepat pada pukul 00.00 WIB, kata Komang Yogi lagi, rombongan kemudian melakukan ritual di tepi Pantai Payangan. ''Belum diketahui ritual seperti apa yang dilakukan oleh rombongan tersebut,'' paparnya.

Baca Juga: Pengunjuk Rasa Tambang Emas di Parigi Moutong Tewas Tertembak, Kapolda Sulteng: Lakukan Investigasi

Dikatakan, sebelum melakukan ritual, sebenarnya rombongan sudah diingatkan oleh warga sekitar pantai, agar tidak mendekat di tepi pantai, lantaran pada saat tengah malam, gelombang laut cukup tinggi.

Namun, mereka tidak menghiraukan peringatan warga sekitar pantai, dan nekat melakukan ritual. ''25 menit Ketika melakukan ritual, ombak besar tiba-tiba datang dan menyeret 23 orang yang melakukan ritual itu,'' ungkapnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X