Tiga Buaya Muncul di Sungai Ciracab Memangsa Ternak, Warga Desa Pekayon Kabupaten Tangerang Resah

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 18:32 WIB
Tim pemburu buaya menelusuri Sungai Cirarab di Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, menggunakan perahu karet. /Dok BPBD Kabupaten Tangerang/
Tim pemburu buaya menelusuri Sungai Cirarab di Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, menggunakan perahu karet. /Dok BPBD Kabupaten Tangerang/

TANGERANG, suaramerdeka-wawasan.com - Warga Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, diteror kemunculan tiga buaya di Sungai Ciracab, pada Jumat 11 Februari 2022.

Selama ini, sejumlah ternak milik warga seperti ayam dan kambing sudah dimangsa reptil predator tersebut, sehingga cukup meresahkan.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta juga turun tangan mengantisipasi kemunculan tiga buaya di Sungai Ciracab.

Baca Juga: Dalam Sepekan, Densus 88 Tangkap Empat Terduga Teroris di Kabupaten Bantul

Komandan Pos (Danpos) Pemadam Kebakaran (Damkar) Mauk, Husni menjelaskan, pihaknya mengerahkan personel dari Pos Mauk, Pakuhaji, serta satu unit perahu karet dibantu empat personel terlatih spesialis reptil dari RKW BKSDA Jakarta.

''Supaya warga tidak resah, kita langsung menyisir lokasi awal buaya muncul di Sungai Ciracab dan telah memakan hewan ternak warga,'' kata Husni dalam keterangannya, Sabtu, 12 Februari 2022.

Menurut Husni, selain melakukan pencarian, pihaknya pun memberikan imbauan kepada masyarakat, agar tidak mendekat di bibir Sungai Ciracab, karena dikhawatirkan buaya yang berada di sungai bisa menerkam seketika.

Baca Juga: Melihat Pelanggaran HAM di Desa Wadas, IPW Desak Kapolri Periksa Kapolda Jateng dan Kapolres Purworejo

''Sedikit sulit untuk buaya tersebut muncul, karena warga dari pagi sudah berkumpul di sekitar bibir Sungai Ciracab, namun kita tetap berupaya mencarinya,'' ungkap Husni.

Kepala RKW BKSDA Jakarta Barat, Wawan Gunawan mengatakan, setelah mendengar beberapa keterangan saksi di lapangan, pihaknya menyimpulkan Sungai Cirarab memang menjadi habitat buaya yang selama ini muncul dan menghebohkan warga.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 00:50 WIB
X