Pasien Covid 19 Varian Omicron Boleh Isoman di Rumah, Begini Syaratnya

- Jumat, 4 Februari 2022 | 13:35 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid 19, Reisa Broto Asmoro. /Dok BNPB/
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid 19, Reisa Broto Asmoro. /Dok BNPB/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan, cukup melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah selama pemulihan kesehatan.

''Untuk pasien positif Covid-19 varian Omicron banyak yang cenderung tanpa gejala, sehingga dibolehkan isoman,'' kata dokter Reisa di Jakarta pada Jumat, 4 Februari 2022.

Namun, dia menegaskan, syarat untuk isoman hanya diperbolehkan bagi pasien yang bergejala ringan dan tanpa gejala dengan hasil PCR positif, serta memenuhi syarat klinis dan syarat rumah.

Baca Juga: Kasus Covid 19 Meningkat Lagi di Kota Semarang, Ditemukan Beberapa Klaster Baru

Menurutnya, pasien berusia maksimal 45 tahun dan tak memiliki komorbid, dapat mengakses telemedisin atau layanan kesehatan lainnya, serta berkomitmen untuk tetap melakukan isoman sebelum diizinkan keluar.

Lebih lanjut dikatakan, syarat rumah bagi pasien isoman yaitu, memiliki kamar terpisah atau lantai terpisah, kamar mandi dalam rumah terpisah dengan penghuni lainnya ,dan memiliki pulse oksimeter.

''Hal ini merujuk pada SE Menkes Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang pencegahan dan pengendalian kasus COVID-19 varian Omicron yang ditetapkan 17 Januari lalu,'' jelasnya.

Baca Juga: Antisipasi Melonjaknya Covid 19, Pekan Depan Proses Pembelajaran SD dan SMP Kota Semarang Kembali ke Daring

Reisa menjelaskan beberapa tips perawatan di rumah, antara lain pasien harus mengikuti instruksi dari tenaga kesehatan. Begitu juga terkait obat-obatan, bisa konsultasi dengan tenaga kesehatan menggunakan telemedisin.

Dikatakan, jika kadar oksigen 90 persen atau lebih tetapi di bawah 94 persen, agar segera menghubungi tenaga kesehatan. Namun, jika kadar oksigen di bawah 90 persen hubungi penyedia layanan kesehatan dan minta dirawat di fasilitas rumah sakit.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X