Perjanjian Ekstradisi Indonesia -Singapura , Kapolri : Pembrantasan Kejahatan Transnasional Makin Optimal

- Rabu, 26 Januari 2022 | 10:45 WIB
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo beri keterangan tentang  perjanjian Ekstradisi  Indonesia - Singapura di Jakarta, Rabu, 26 Januari 2022. ist/suaramerdeka-wawasan.com
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo beri keterangan tentang perjanjian Ekstradisi Indonesia - Singapura di Jakarta, Rabu, 26 Januari 2022. ist/suaramerdeka-wawasan.com

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambut baik penandatanganan perjanjian ekstradisi antara Indonesia dengan Singapura.

Menurut Sigit, dari segi penegakan hukum adanya perjanjian kedua negara tersebut diyakini akan mengoptimalkan penegakan hukum serta pemberantasan kejahatan lintas negara atau transnasional.

"Polri sebagai lembaga penegak hukum tentunya menyambut baik perjanjian ekstradisi tersebut," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Jakarta, Rabu (26/1).

Baca Juga: Polisi Kembangkan 5 Tersangka Pengeroyok Kakek hingga Tewas : Pelaku Lain Diburu

Mantan Kapolda Banten ini menjelaskan, di tengah perkembangan zaman dewasa ini, yang dimana hal itu juga akan adanya potensi tantangan dari segi modus kejahatan yang terus berkembang.

Di era digital, kata Sigit, pelaku kejahatan juga sudah mulai memanfaatkan perkembangan teknologi.

Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, Sigit menyatakan, pelaku kejahatan bisa bergerak tanpa melihat batas negara.

Baca Juga: Pelaku Pembakaran Sekolah Di Garut Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara, Motif Sakit Hati

Sehingga, Kapolri menyebut, diperlukan adanya kerjasama dan sinergitas antar-negara dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional.

"Dalam proses penegakan hukum, hal itu akan semakin mengoptimalkan pencegahan serta pengungkapan kasus kejahatan transnasional kedepannya," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Divisi Humas Polri

Tags

Terkini

X