Sosialisasi Perubahan Pelat Nomor Kendaraan jadi Warna Putih, Korlantas Polri : Gratis

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:03 WIB
Ilustrasi pelat nomor.  Plat nomor kendaraan akan dirubah menjadi dasarnya putih, perubahan kini sedang pada tahap sosialiasi, Korlantas Polri merencanakan resmi berlaku pada 2022.  /Pixabay/Capri23auto
Ilustrasi pelat nomor. Plat nomor kendaraan akan dirubah menjadi dasarnya putih, perubahan kini sedang pada tahap sosialiasi, Korlantas Polri merencanakan resmi berlaku pada 2022. /Pixabay/Capri23auto

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Korlantas Polri mulai 2022 mengubah pelat nomor kendaraan dari yang semual berwarna hitam menjadi warna putih.

Dalam peraihan warna tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal ini ditegaskan Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus.

Baca Juga: Pelaku Pembacokan di Garut Ternyata Pencuri Motor : Polisi Temukan 3 Kunci Letter T

Brigjen Yunus mengungkapkan, peralihan warna plat nomor ini juga pemasangan chip atau Radio Frequency Identification (RFID) pada plat nomor.

"Ini semua tanpa membebani masyarakat, tanpa ada biaya-biaya. Kami meminta dukungan sambil kita jalan pelan-pelan tahun ini untuk sosialisasinya," kata Yusri dikutip pikiran-rakyat.com, Sabtu, 22 Januari 2022.

Menurut Yusri, perubahan warna pada plat nomor kendaran ini bertujuan agar kamera ETLE bisa menyorot secara penuh dan jelas.

Baca Juga: Polda Jateng Bantah Wanita R sebagai Korban Perkosaan Polisi, Ini Faktanya

Perubahan pelat dasar hitam menjadi putih dengan tulisan hitam ini mengikuti Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 07 Tahun 2021.

Sedangkan masalah pemasangan chip, kata Yusri, agar kepolisian dapat mengetahui data pernindakan dan bukti pelanggaran di tiap pelat nomor kendaraan.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Tags

Terkini

X